Manfaat Bersepeda ke Kantor yang Buat Anda Rela Melakukannya Setiap Hari

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 481 1529699 manfaat-bersepeda-ke-kantor-yang-buat-anda-rela-melakukannya-setiap-hari-K01dMi36YL.jpg Bersepeda ke kantor kurangi risiko serangan jantung (Foto: Timesofmalta)

KEBIASAAN sehat saat berangkat ke kantor dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi mengungkapkan, bersepeda ke kantor mengurangi risiko serangan jantung di kemudian hari.

Para peneliti menemukan, minimal 30 menit bersepeda ke kantor dalam seminggu, memiliki efek penurunan risiko mengembangkan penyakit jantung koroner selama 20 tahun ke depan. Studi dari Denmark ini merekrut 45.000 orang berusia 50-65 tahun, kemudian dipantau selama 20 tahun, dari 1993-2013. Hasilnya, ada 2.892 orang yang mengalami serangan jantung selama 20 tahun.

Selanjutnya terlihat, orang-orang yang secara konsisten menghabiskan 90 menit bersepeda dalam seminggu, memiliki 24 persen risiko lebih kecil mengalami serangan jantung. Sementara, mereka yang bersepeda setengah jam dalam seminggu, mengalami penurunan 16 persen risiko serupa.

Para ahli kesehatan memang sedang semakin mendorong orang untuk melakukan olahraga yang dapat sekaligus menjadi rutinitas sehari-hari. Karena, selama ini banyak orang terintimidasi oleh tren olahraga ke gym dan program kebugaran yang pada akhirnya menyerah serta jadi kurang beraktivitas fisik.

Karena itu, para ahli kini mengalihkan fokus untuk membuat latihan yang lebih moderat, sehingga orang-orang tidak menyerah. Berjalan atau bersepeda yang bisa menjadi kegiatan rutin, dianggap ideal membuat orang konsisten berolahraga.

"Mencari waktu untuk berolahraga adalah tantangan bagi banyak orang. Jadi, dokter yang bekerja di bidang pencegahan risiko kardiovaskular harus mempertimbangkan bersepeda sebagai moda transportasi," ujar Pemimpin studi, Dr Anders Grontved dari University of Southern Denmar, dikutip Dailymail, Rabu (2/11/2016).

Karena, dari penelitian ini juga diungkapkan, orang-orang yang pulang-pergi bekerja naik sepeda, memiliki 19 persen risiko lebih rendah terserang penyakit jantung koroner. Kemudian, penelitian ini juga melihat, orang-orang yang bersepeda selama 5 tahun pertama penelitian memiliki sekira 24 persen risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

"Karena bersepeda adalah cara mudah untuk membuat aktivitas fisik menjadi bagian dari rutinitas seseorang. Berdasarkan hasil penelitian ini, pemerintah dan pihak swasta harus mempertimbangkan inisiatif yang mempromosikan bersepeda sebagai cara untuk mendukung upaya pencegahan penyakit kardiovaskular berskala besar," jelas peneliti Dr Kim Blond.

Selanjutnya, penelitian kedua menemukan, orang lanjut usia dan paruh baya, yang bersepeda ke tempat kerja kecil kemungkin menjadi gemuk. Selain itu, penelitian dalam Journal of American Hearth Association ini juga menunjukkan, mereka yang bersepeda ke tempat kerja juga kurang berisiko memiliki kolesterol dan tekanan darah tinggi serta pra-diabaetes.

Penelitian oleh Lund University di Swedia tersebut menyertakan 20.000 orang di usia 40-an, 50-an dan 60-an dalam penelitian lebih dari 10 tahun. "Ini Kabar yang benar-benar baik, tidak pernah terlalu terlambat untuk mendapatkan keuntungan dari gaya hidup aktif," tutur pemimpin penelitian, Dr Pual Franks.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini