Alasan Sebaiknya Tidak Menyimpan Obat di Kulkas

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 481 1530069 alasan-sebaiknya-tidak-menyimpan-obat-di-kulkas-1ny0KqBg6F.jpg Menyimpan obat di kulkas (Foto: Inhabitat)

SELAIN bahan pangan, obat-obatan juga dianggap layak untuk disimpan dalam kulkas. Padahal, menyimpan obat dalam kulkas merupakan langkah yang salah.

Pastinya Anda juga sering menyimpan obat-obatan di dalam kulkas bersama dengan makanan. Padahal, ada aturan sendiri dalam menyimpan obat. 

"Banyak orang salah kaprah, kalau sudah sembuh dari sakit terus ada sisa obat dan disimpan dalam kulkas. Padahal ada aturan tepat dalam menyimpan obat," kata dr. Hudyono, MS., SpOk., MFPM- Staf Clinical Research Supporting Unit (CRSU) FKUI dan Staf Penilai Obat Jadi Badan POM di Jakarta.

Menyimpan obat yang tepat, sebaiknya tidak di dalam kulkas. Tetapi, sebelum menyimpan obat dapat dilihat dari kemasannya. 

Namun pada umumnya, berbagai jenis obat dapat bertahan pada suhu 24-28 derajat Celcius. Jika disimpan dalam kulkas yang suhunya di bawah 8 derajat Celcius, maka dapat menggumpal serta mengurangi efektifitasnya.

"Sebaiknya sebelum menyimpan obat, baca dulu kemasannya dan lihat cara penyimpanan yang dianjurkan," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini