Hindari Beli Obat Lewat Online, Ini Alasannya!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 481 1530204 hindari-beli-obat-lewat-online-ini-alasannya-o9qjiCpX1B.jpg Hindari beli obat lewat online (Foto: Onlinemedicinshop)

BERKAT kemajuan teknologi, apa pun yang Anda butuhkan bisa didapat secara online. Namun perlu diingat, tidak semua produk aman dikonsumsi termasuk obat yang dijual online.

Sebaiknya hindari pembelian obat secara online, karena saat ini metode penjualan obat online di Indonesia belum ada regulasi resmi dan masih dianggap ilegal.

"Lebih baik hindari pembelian obat online. Karena secara regulasi di Indonesia belum legal," kata Dra. Eka Purnamasari, Apt. MKM, Kasub Direktorat Inspeksi, Sertifikasi, Distribusi Produk Terapetik Badan POM, di Jakarta, baru-baru ini.

Ketika sudah masuk kategori ilegal, artinya tidak ada yang bertanggungjawab terkait dampak mengonsumsi obat tersebut.

Kemudian, satu hal yang sering ditemui ketika membeli obat online adalah tidak adanya informasi yang jelas dan lengkap mengenai kandungan, indikasi, efek samping dan lain sebagainya.

"Kalau pasien tidak mendapat informasi yang jelas, bisa jadi zat yang diperlukan berlebihan dan khawatir keracunan. Ini sangat merugikan masyarakat sendiri," tambahnya.

Karena itu, disarankan membeli obat atau produk kesehatan lainnya hanya di instalasi farmasi yang sudah dilegalkan pemerintah, Rumah Sakit, atau Apotek yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini