Apa Efek dari Minum Obat Kadaluarsa?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 481 1530235 apa-efek-dari-minum-obat-kadaluarsa-mWlFnZDSWw.jpg Ilustrasi (Foto: Sobernation)

HAMPIR sama seperti makanan atau minuman kemasan, ternyata tanggal kadaluarsa pada kemasan obat tidak merujuk pada layak atau tidaknya obat itu dikonsumsi, asal kemasan masih terjaga dan cara menyimpannya tepat.

Jika kebetulan Anda tidak sadar telah mengonsumsi obat yang sudah kadaluarsa. Jangan khawatir dulu, pasalnya obat kadaluarsa cenderung tidak beracun jika sudah melewati masa berlaku.

"Tanggal kadaluarsa pada obat tidak ada batasan toleransi. Tidak serta-merta jadi racun juga," ucap dr. Hudyono, MS., SpOk., MFPM- Staf Clinical Research Supporting Unit (CRSU) FKUI dan Staf Penilai Obat Jadi Badan POM di Jakarta, Senin 31 Oktober 2016.

Setelah melewati tanggal kadaluarsa, obat akan mengalami fase degradasi yang membuat khasiatnya memudar. Ketika terlanjur dikonsumsi, maka kemungkinan sembuh dari penyakit ketika mengonsumsi obat ini sangat kecil.

"Sebenarnya obat tidak ada tanggal toleransi. Hanya saja setelah melewati tanggal itu secara bertahap mengalami kemunduran sampai tidak ada hasil," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini