nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hairdressers di Illinois Dilatih Khusus Kenali Tanda Kekerasan Fisik

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 17:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 02 194 1531187 hairdressers-di-illinois-dilatih-khusus-kenali-tanda-kekerasan-fisik-6m1rxdcCTB.jpg Ilustrasi (foto: mydailytips)

TIDAK dipungkiri bahwa semakin hari tingkat akan kekerasan fisik yang dialami oleh baik wanita ataupun pria, semakin meningkat jumlahnya.

Berkaitan dengan hal ini, pemerintah daerah Illinois, Amerika Serikat membuat suatu kebijakan yang bisa dibilang menjadi suatu gebrakan yang sangat bagus. Pemerintah daerah Illinois seperti dikutip Yahoo, Rabu (2/11/2016) baru saja membuat peraturan hukum yang mewajibkan para tenaga hairdressers dengan lisensi resmi harus menjalani training atau pelatihan khusus untuk mengenali tanda-tanda kekerasan domestik dan seksual dari para klien mereka.

Disebutkan bahwa peraturan ini secara resmi telah ditandatangani oleh Gubernur Illinois, Bruce Rauner pada Agustus lalu dan akan mulai resmi berlaku pada 1 Januari 2017 mendatang. Menurut laporan dari According to the National Coalition Against Domestic Violence, disebutkan bahwa per menitnya sebanyak 20 orang di Amerika mengalami tindak kekerasan fisik yang biasanya dilakukan oleh partner atau pasangan terdekat mereka. Dalam satu tahun saja, korban tindak kekerasan ini totalnya ada 10 juta orang, baik itu wanita ataupun pria.

Tanda-tanda seseorang telah mengalami kekerasan fisik biasanya kurang bisa terlihat atau disadari oleh pihak lain ini, diharapkan dengan training spesial ini maka sebagai hairdressers mereka akan lebih peka dan bisa mengenali jika klien mereka termasuk dalam korban kekerasan fisik. Karena sebagai hairdressers, dalam menjalankan pekerjaannya hairdressers ini bisa memegang dan melihat lebih seksama kepala dan bagian tubuh lain.

Training khusus bagi para hairdressers ini diberitakan akan digelar selama 1 jam dalam jangka waktu dua tahun sekali bertepatan dengan proses peresmian ulang lisensi resmi sebagai hairdressers. Di kelas tersebut nantinya akan diberi pengajaran perihal bagaimana untuk mengindentifikasi spot-spot tertentu di rambut dan kulit kepala, serta mempelajari tanda-tanda luka ‘yang tidak biasa’ di sepanjang garis kepala dan rambut (hairline) selama proses mencuci rambut, memijat kepala, mewarnai, memangkas, dan proses menata rambut lainnya.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini