nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Remaja Labil Punya Masalah? Bantu seperti Ini Ya

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 02 196 1531028 moms-remaja-labil-punya-masalah-bantu-seperti-ini-ya-WYDpLLf5T7.jpg Ilustrasi remaja (Foto: Perspectivesoftroy)

DUNIA remaja tidak selalu cerah, dunia remaja juga kerap dihinggapi warna kelabu. Di mana mereka dikejutkan dengan masalah-masalah dalam pergaulan yang bagi anak baru gede (ABG) itu sangat rumit.

Emosi yang masih labil terkadang membuat remaja mudah meledak-ledak, panik, atau terlalu berapi-api dalam menghadapi problematika mereka. Bahkan, remaja justru akan mencari kesenangan lain untuk melupakan masalahnya.

Vivid Fitri Argarini sebagai orang yang sudah lama berkecimpung di dunia remaja mengingatkan orangtua untuk peduli pada masalah yang dihadapi si buah hati. Jangan biarkan anak salah jalan dalam menyelesaikan masalah.

“Remaja sering cuek atau menganggap masalah itu tidak ada. Karena, mereka belum sadar ketika masalah hanya ditumpuk ujungnya nanti tertimbun, kemudian meledak. Nah, anak bisa depresi,” terang Vivid kepada Okezone, belum lama ini.

Ia meminta orangtua mengajarkan anak mengurai masalah. Ajarkan anak menyediakan waktu untuk dirinya sendiri. Mulai dari self meditation dan relax beberapa waktu agar dapat mengurai masalah satu persatu.

“Ketahui masalah itu, bicara pada diri sendiri mengapa masalah bisa terjadi dan bagaimana menyelesaikan. Setelah memahami, mulailah menerima bahwa masalah harus diselesaikan hingga tuntas,” sambungnya.

Wanita lulusan University of Wisconsin, Whitewater jurusan komunikasi ini menuturkan, ketika remaja mampu memetakkan masalah, beri dia beberapa pilihan solusi. Jangan mendikte anak, justru orangtua perlu menjadi mentor untuk mendampingi anak menyelesaikan masalahnya sendiri.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini