nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Perlu Diingatkan kepada Anak Remaja ketika Hadapi Masalah

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 16:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 02 196 1531088 ini-yang-perlu-diingatkan-kepada-anak-remaja-ketika-hadapi-masalah-N5ZipCsmxZ.jpg Ilustrasi remaja (Foto: Huffingtonpost)

MINIMNYA pengalaman membuat remaja sering coba-coba menyelesaikan masalahnya. Terkadang, jalan yang mereka pilih bahkan salah dan penuh risiko.

Orangtua yang tidak sabaran kerap mudah sekali menyalahkan anak ketika salah memilih cara menyelesaikan masalahnya dan harus menanggung risiko besar. Menurut pakar remaja Vivid Fitri Argarini, wajar bila remaja coba-coba menyelesaikan masalahnya.

“Kalau anak salah, maka mereka hanya perlu diingatkan. Kita hidup penuh dengan trial dan error. Biarkan mereka mencoba menyelesaikan caranya sendiri kalau anak mengeluh, orangtua hanya perlu mengingatkan hal tadi,” kata Vivid kepada Okezone, belum lama ini.

Ingatkan saja untuk perlu menimbang risiko ketika hendak memilih solusi masalahnya sendiri. Hal ini mendidik anak untuk lebih bijaksana, sebelum mengambil keputusan.

“Ikuti proses dan tahapan langkah-langkah yang dipilih anak. Mereka harus konsekuen pada pilihannya. Ingatkan bahwa kalau tidak dicoba anak tidak akan tahu apa yang terjadi. Hal ini mengarjarkan anak berani,” tukasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini