Agar Awet, Jangan Simpan Sambal atau Saus Botolan dekat Kompor

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 02 298 1530874 agar-awet-jangan-simpan-sambal-atau-saus-botolan-dekat-kompor-UN07svOhHr.jpg Cara menyimpan saus dan sambal botolan (Foto: Sksbottleandpackaging)

MEMBUAT sambal dalam jumlah besar terkadang terasa merepotkan. Oleh karenanya, banyak yang membeli sambal botolan sebagai alternatif terbaik. Lalu bagaimana cara menyimpan sambal atau saus botolan agar tahan lama?

Bagi orang Indonesia, sambal merupakan salah satu makanan pelengkap yang wajib disajikan bersama hidangan utama. Sajian seperti ayam, tempe, tahu goreng, bahkan soto pun lebih terasa nikmat jika disantap bersama sambal yang pedas.

Nah, jika Anda memiliki kebiasaan tersebut,  Chef Bara Pattiradjawane, memiliki sejumlah tips menyimpan sambal atau saus botolan agar bisa bertahan lama.

“Bahan-bahan makanan yang sudah terkontaminasi dengan oksigen memang harus dilindungi dengan cara khusus. Cara paling mudah adalah dengan menjauhkannya dengan sinar matahari,” tutur Chef Bara, kepada Okezone di Restoran Te Sate, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016).

Bara menambahkan, selama ini ada salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, yakni menyimpan sambal atau saus botolan di dekat kompor.

“Jangan simpan di dekat kompor, karena dapat memengaruhi rasanya. Kalau mau, letakkan saja di dalam lemari yang gelap dan kering, atau taruh di dalam kulkas saja sekalian kalau mau menyimpannya dalam waktu yang lama,” pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini