3 Alat Dapur yang Wajib Dimiliki Chef

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 02 298 1530922 3-alat-dapur-yang-wajib-dimiliki-chef-NBe93UnhRe.jpg Pisau, alat dapur wajib dimiliki chef (Foto:Shutterstock)

MELONGOK isi dapur profesional di hotel berbintang atau restoran mewah memang membuat pupil mata membesar. Pasalnya ada banyak alat dapur canggih yang biasa digunakan untuk mengolah masakan. Tapi sebenarnya tidak banyak alat yang wajib dimiliki seorang chef.

Ternyata bukan blender canggih, alat sous vide atau oven multifungsi. Dilansir dari Mashed, Rabu (2/11/2016), berikut tiga alat dapur yang wajib dimiliki seorang chef.

Pisau

Dikatakan Chef Charlie Trotter perbandingan antara menggunakan pisau berkualitas dengan pisau murahan seperti mengendarai mobil mewah Jaguar dan VW Jetta. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama tapi berbeda saat digunakan. Bagi seorang chef, pisau adalah sebuah investasi. Pisau yang umum dimiliki seorang chef adalah dengan ukuran inch. Pisau ini membuat kegiatan memotong dan mengiris terasa nyaman dan mudah.

Talenan kayu

Talenan kayu adalah barang klasik yang sangat penting digunakan di dapur. Beberapa orang menganggap talenan kayu sangat riskan akan berkembangnya bakteri dan orang banyak beralih ke talenan plastik. Tapi bagi seorang chef, talenan kayu adalah yang paling bagus. Sebuah penelitian yang dilakukan Food Safety Lab di UC Davis mengungkapkan bahwa kayu sebenarnya lebih aman digunakan untuk memotong bahan makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu mengandung enzim alami yakni kryptonite yang bisa mengusir berbagai bakteri dan kuman. Enzim ini yang tidak dimiliki oleh talenan plastik.

Wajan

Ketika melihat set alat dapur di toko pastinya ada godaan untuk membelinya. Apalagi deretan panci dan wajan mengilap yang punya warna serta bentuk menarik. Tapi percayalah seorang chef tidak memerlukan wajan dalam bentuk beragam. Seorang chef hanya wajib memiliki wajan ukuran 10 inch dengan klasifikasi antilengket, gagang panjang dan dengan penutup wajan. Wajan seperti ini bisa digunakan untuk mengolah daging, sayuran dan saus. Beberapa masakan seperti telur, french toast atau burger bisa dengan efisien diolah menggunakan wajan ini. Selain itu sifatnya yang antilengket membuat wajan tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini