Share

Masak Nasi Pakai Microwave? Ternyata Bisa Lho

Devi Setya Lestari, Okezone · Kamis 03 November 2016 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 02 298 1531234 masak-nasi-pakai-microwave-ternyata-bisa-lho-Kcm84lJFTq.jpg Masak nasi pakai microwave (Foto: Wisegeek)

MICROWAVE biasanya digunakan untuk memanaskan makanan, tapi ternyata jika tahu caranya, microwave bisa jadi alat memasak nasi. Ini akan jadi penemuan luar biasa bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu dan alat masak, terutama kompor.

Dilansir dari WikiHow, Kamis (3/11/2016) memasak nasi menggunakan microwave akan membuat waktu Anda tersimpan lebih banyak dan tanpa perlu mengotori banyak alat masak. Alat dan bahan yang Anda butuhkan juga cukup simpel.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci beras terlebih dahulu hingga bersih. Untuk mempercepat waktu pemasakan, Anda bisa merendam beras terlebih dulu agar lebih lunak. Beras bisa direndam selama 30 menit dalam air bersih.

Pastikan Anda menggunakan wadah tahan panas untuk memasak nasi ini, takar beras dan air dengan perbandingan 2:1 antara air dan beras. Air yang digunakan bisa diganti atau ditambahkan bahan perasa. Misalnya air diganti dengan kaldu, atau menambahkan beberapa bumbu seperti minyak, garam atau mentega. Bahan tambahan ini bisa jadi perasa yang membuat nasi memiliki rasa yang lebih lezat.

Masak nasi sesuai takaran jumlah beras. Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan ½ cangkir beras adalah 9 menit dan akan membutuhkan waktu lebih lama jika beras yang digunakan semakin banyak. Saat sudah matang, sebaiknya nasi langsung diaduk menggunakan garpu agar teksturnya lembut dan tidak kering.

Tadaa… jadilah nasi simpel yang bisa dilahap dengan berbagai lauk pauk. Cara ini sangat bermanfaat ketika Anda lapar di tegah malam namun persediaan nasi sudah habis.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini