nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Kelumpuhan Tidur yang Dialami Kendall Jenner

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 02 481 1530638 5-fakta-kelumpuhan-tidur-yang-dialami-kendall-jenner-kuDeqkyqUP.jpg Kendall Jenner (Foto: Celebuzz)

DALAM serial 'Keeping Up With Kardashians, Kendall Jenner mengatakan kepada ibunya bahwa dirinya mengalami kelumpuhan tidur atau sleep paralys. Tapi, apa sebenarnya kondisi misterius ini? (Baca: Kendall Jenner Tak Bisa Bergerak saat Bangun Tidur, Kenapa?)

Kita akan mencari tahu beberapa fakta mengenai sleep paralysis yang dialami Kendall Jenner. Berikut 5 fakta harus Anda ketahui tentang sleep paralysis yang dialami Kendall Jenner seperti dilansir dari laman Hollywoodlife, Rabu (2/11/2016):

1. Apa itu kelumpuhan tidur?

Kelumpuhan tidur adalah ketika seseorang tidak mampu bergerak, meskipun merasa sadar dan terjaga. Kondisi ini cenderung hanya berlangsung beberapa detik atau menit di antara saat-saat sadar penuh dan tidur, atau sebaliknya. Kebanyakan orang dapat ''bebas'' dari kelumpuhan tidur sendiri.

2. Mengapa Anda bisa mengalami kelumpuhan tidur?

Webmd melaporkan, 4 dari 10 orang dapat mengalami kelumpuhan tidur. Kondisi ini dapat terjadi karena riwayat keluarga atau terkait dengan hal-hal, seperti kurang tidur, stres, gangguan bipolar, masalah tidur narkolepsi dan penyalahgunaan zat.

3. Bagaimana penanganan penyakit ini?

Sebagian besar, tidak ada pengobatan untuk kondisi ini. Hal terbaik yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kebiasaan tidur, meskipun obat antidepresan atau pengobatan kesehatan mental juga bisa membantu. Kendall Jenner jelas sangat sibuk, sehingga tak mengherankan waktu tidurnya tidak teratur.

4. Seberapa serius kondisi ini?

Kondisi ini jelas menakutkan, di mana Anda tidak dapat berbicara atau bergerak, bahkan hanya untuk sesaat. Selain itu, orang-orang yang mengalami kelumpuhan tidur juga sering berhalusinasi.

5. Seberapa sering kelumpuhan tidur terjadi?

Pada sebagian orang, kelumpuhan tidur hanya dapat terjadi sekali dalam seumur hidup. Tetapi, ada juga yang mengalami kelumpuhan tidur beberapa kali dalam setahun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini