nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singkirkan Migrain dengan Mengurangi Makan Lemak

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 02 481 1530716 singkirkan-migrain-dengan-mengurangi-makan-lemak-NDdEJKypNz.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

TIBA-tiba migrain menyerang dan mengganggu pekerjaan Anda. Rasa sakit kepala yang terasa parah dan intens tidak bisa meredakan rasa sakit yang dirasakan.

Ketimbang mengonsumsi obat, Anda bisa meredakan migrain dengan cara yang lebih alami. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti India, menyarankan untuk melakukan diet rendah lemak. Metode ini mampu membantu mengurangi sakit kepala mereka.

"Keuntungan dari diet rendah lemak ini, tak hanya meredakan rasa sakit akibat migrain, tetapi juga berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penyakit jantung," ujar Associate Professor Brinder Vij dari University of Cincinnati, AS.

Diet rendah lemak dan karbohidrat ini dapat menungkapkan asam lemak omega-3 dan menurunkan asam lemak omega-6. Menurut Vij, diet rendah lemak ini membatasi jumlah lemak dalam diet kurang dari 20 persen dari kebutuhan energi harian. Tak hanya diet lemak saja, tetapi diet karbohidrat juga dapat membantu mengurangi migrain.

"Diet karbohidrat rendah seperti diet ketogenik dapat mengurangi frekuensi sakit kepala, tetapi tidak dianggap memiliki pengawasan yang ketat. Diet rendah karbohidrat ini lebih dikenal dengan diet Atkins," tambah Vij.

Ada beberapa asupan yang memicu terjadinya migrain, di antaranya alkohol, vodka, anggur merah, kafein berlebih. Tak hanya itu, monosodium glutamat, penyedap rasa yang digunakan dalam berbagai makanan olahan, seperti makanan kalengan, makanan ringan, bumbu sachet, saus barbekyu, dan lainnya.

Nah, bila Anda kerap terserang migrain dan ingin meredakannya, cobalah batasi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Demikian dikutip dari laman Zeenews, Rabu (2/11/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini