nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Lupa Cuci Boneka Anak dengan Cara yang Tepat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 02 481 1531220 jangan-lupa-cuci-boneka-anak-dengan-cara-yang-tepat-3nbVp49aRI.jpg Ilustrasi (Foto: Goodhousekeeping)

MAINAN bayi dan anak harus sering dicuci. Efek samping akan muncul seperti paparan virus atau alergi yang membuat aktivitas si kecil terganggu.

Berikut adalah lima jenis mainan anak-anak yang wajib dicuci setiap bulan. Simak penjelasannya, dikutip Boldsky, Rabu (2/11/2016).

Boneka

Mencuci boneka harus dilakukan sesering mungkin. Karena benda berbahan bulu ini dapat memicu alergen yang membuat si kecil alergi. Tapi saat mencuci boneka kesayangan si kecil jangan gunakan detergent. Cukup rendam boneka dengan air panas, lalu bilas dan jemur di tengah matahari terik.

Mainan elektronik

Bisakah mainan elektronik dibersihkan? Jawabannya tentu bisa. Mainan eletronik juga merupakan benda yang cepat berdebu. Cara mencucinya yakni keluarkan baterai dan perangkat kabel di dalam mainan. Gunakan kain atau kertas untuk mengelap permukaan mainan si kecil. Setelah itu, semprotkan air dicampur dengan garam hingga membasahi mainan si kecil. Lalu, lap mainan si kecil dengan kain kering.

Mainan plastik

Moms, Anda juga harus sering mencuci mainan berbahan plastik. Nah, khsuus untuk mainan berbentuk kendaraan, Anda harus melepas semua bagian mainan, terutama bagian rodanya. Bersihkan dengan merendam mainan tersebut sampai bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

Mainan berbahan kain

Untuk mainan berbahan kain, cara terbaik adalah untuk mencucinya yaitu menggunakan mesin cuci. Waktu mencucinya yaitu setiap 34 hari sekali. Anda boleh menggunakan detergen yang aman untuk menghilangkan noda dari kain tersebut.

Bola

Anak laki-laki pasti punya mainan bola yang biasa digunakan bermain di luar ruangan. Anda harus rajin mencucinya agar tidak memicu penyebaran kuman. Apalagi kalau di luar ruangan, debu atau kotoran banyak menempel. Kalau jarang dicuci, membuat anak Anda alergi yang menyaktikan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini