nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Merawat Janggut di Bulan 'Movember'

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 03 November 2016 11:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 03 194 1531800 begini-cara-merawat-janggut-di-bulan-movember-ZBEGUOy7wG.jpg Ilustrasi (foto: shutterstock)

TAK sedikit pria mengikuti tren menumbuhkan janggut selama bulan November. Gerakan ini biasanya dikenal dengan istilah Movember sebagai bentuk kesadaran para pria terhadap kanker testis dan prostat.

Well, cara ini bisa dipandang sebagai metode yang paling stylish dan menyehatkan. Bila Anda mengikuti gerakan awareness yang satu ini, ketahui beberapa cara untuk merawat janggut lebat Anda selama di bulan November ini, dilansir dari Mensxp, Kamis (3/11/2016).

Hindari air panas

Di musim hujan seoerti ini, udara yang dingin menjalar, memang paling nyaman adalah dengan mandi air hangat. Namun, sebagai perawatan janggut yang sehat dan kuat, Anda perlu menghindari mencuci janggut dengan air hangat atau panas. Membasuhnya dengan air panas membuat rambut janggut terlihat rapuh dan membuat kulit cenderung kering. Agar janggut terlihat rapi dan kusut, jangan lupa untuk menyisirnya sebelum mandi.

Pemakaian sampo dan kondisioner

Sama halnya dengan air panas, pemakaian sampo terlalu sering dapat membuat janggut Anda lemah dan rapuh dari akarnya. Memberinya sampo artinya mengurangi minyak alami yang ada pada janggut. Hal ini membuatnya kian rapuh. Boleh saja memberinya sampo, tetapi tidak dalam kurun waktu yang sering. Jika Anda ingin melembutkan janggut dan menjaganya tetap hidrasi, ada baiknya memakai kondisioner.

Beard oils

Sama seperti rambut, janggut punya juga membutuhkan perawatan yang baik. Memberinya minyak khusus janggut, bisa melembutkan dan mengurangi rasa gatal yang berakibat munculnya ketombe. Pilihlah beard oil yang mengandung jojoba, biji rami, almond, dan kelapa.

Rapikan janggut

Menumbuhkan janggut, bukan berarti Anda membiarkannya tumbuh secara liar dan tidak beraturan. Janggut akan terlihat apik, ketika Anda merawat dan merapikannya. Ada baiknya, Anda memangkas bagian yang tidak rapi, sehingga membuatnya mudah diatur. Cara terbaik, lakukan setelah Anda mandi.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini