nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

''Kelereng'' Ini Ternyata Seporsi Dessert

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 03 November 2016 10:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 03 298 1531727 kelereng-ini-ternyata-seporsi-dessert-hzYDLW551o.jpg Desert ini terinspirasi kelereng (Foto: Instagram)

KELERENG atau gundu adalah salah satu mainan tradisional anak-anak Indonesia. Mainan berbentuk bulat ini ternyata memberikan inspirasi pada seorang chef untuk membuat dessert yang menyerupai kelereng.

Adalah Chef Andrian Ishak yang dikenal sebagai seorang koki dengan spesialisasi hidangan molecular gastronomi yang terinspirasi membuat makanan menyerupai kelereng. Lewat akun instagram pribadinya @andbukanad, Andrian membagikan foto dessert olahannya yang tampak unik dan juga nyentrik.

Terlihat sebuah piring kaca bening dengan sebuah dessert yang tampak cantik tepat di tengah piring. Kombinasi warna biru, hijau, merah dan kuning terlihat jelas pada dessert ini. Warna yang sangat khas terlihat pada sebuah kelereng.

Selain itu, Andrian juga menggarnish hidangannya dengan apik. Terlihat efek paduan warna pada piring kaca yang membuat makanan ini semakin tampak seperti layaknya sebutir kelereng.


“A Marble (toy) or Gundu/Kelereng in Indonesia, is a small spherical toy usually made from glass, clay, steel, plastic or agate, but this one is made from coconut, grass jelly, fermented cassava, pomegranade, Blue Curaçao infused palm seed fruit, things you mostly find in Es Campur, icy dessert in Indonesia,” tulis Andrian dalam captions fotonya.

Siapa yang menyangka bahwa dessert ini adalah hadil perpaduan antara kelapa, jelly, tape, pomegranade dan berbagai bahan kuliner lain. Semua bahan ini diracik sempurna hingga menghasilkan tampilan dessert yang anti mainstream.

Chef Andrian bekerja di sebuah resto di Jakarta yang khusus menyajikan makanan olahan berkonsep molecular gastronomi. Tak hanya dessert kelereng ini, Andrian juga pernah membuat opor ayam dalam bentuk kertas dan pensil, rawon dalam bentuk donat dan lain sebagainya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini