nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pelajaran Sekolah Memasak Bikin Anda Jago Masak di Rumah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 04 November 2016 08:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 03 298 1532303 4-pelajaran-sekolah-memasak-bikin-anda-jago-masak-di-rumah-UtwYYJfCff.jpg Pelajaran memasak di sekolah bikin jago masak di rumah (Foto: Playbuzz)

BANYAK materi yang diajarkan ketika seseorang memilih untuk mendalami ilmu kuliner di sekolah masak. Tapi di dalamnya terselip beberapa teori dan praktek yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di dapur rumah.

Dilansir dari TheDailyMeal, Jumat (4/11/2016) berikut empat pelajaran sekolah memasak yang bikin Anda jago masak di rumah. Beberapa materi memang merupakan teknik dasar yang harus dipelajari namun berguna sepanjang waktu di dapur rumah Anda.

FIFO

Istilah First In First Out (FIFO) adalah ungkapan yang umum terlontar di dapur industri kuliner. Tapi hal ini sangat berguna juga jika diterapkan di rumah Anda. Usahakan untuk menggunakan bahan baku yang paling lama disimpan. Dalam penerapannya, pastikan untuk menyimpan bahan baku yang baru di beli dalam posisi di belakang.

Ini berlaku untuk penyimpanan barang di lemari es maupun di lemari penyimpananan bahan makanan. Hal ini dilakukan agar bahan baku terpakai dengan optimal, jangan menggunakan bahan baku yang baru dibeli ketika stok lama masih ada dan layak konsumsi. Sebelum menggunakan, coba lakukan cek tanggal kadaluarsanya.

Cara menggunakan pisau

Menggunakan pisau bisa dilatih secara otodidak tapi menggunakannya layaknya seorang chef professional tentu perlu latihan khusus. Di sekolah memasak, materi menggunakan pisau adalah materi basic yang harus dikuasai semua siswa.

Jika Anda sudah jago, keahlian ini akan terpakai sampai kapanpun dan di dapur manapun. Menguasai cara menggenggam pisau, menempatkan jari jemari hingga cara memotong bahan makanan akan sangat diperlukan karena ini erat kaitannya dengan keselamatan Anda.

Cara mencincang bawang

Bawang merupakan bumbu yang hampir digunakan pada setiap masakan. Memotongnya juga diperlukan skill khusus. Memotong bawang dengan cepat dan rapi jadi materi yang diajarkan di sekolah memasak dan dapat diterapkan di manapun, termasuk di rumah.

Trik yang bisa dilakukan adalah dengan mebelah bawang bombai menjadi dua bagian kemudian mengirisnya dengan bentuk sesuai kebutuhan. Jika ingin membuat bawang bombai cincang pastikan menggunakan pisau yang berukuran besar dan cukup tajam. Tapi harus tetap memperhatikan keselamatan, jangan sampai usai mencincang bawang, Anda harus meringkuk kesakitan karena terluka.

Cara mengolah ayam

Memasak ayam memang tampak mudah dan semua orang bisa melakukannya tapi menghasilkan masakan ayam dengan sempurna tentu butuh keahlian khusus. Seorang yang belajar di sekolah masak pastinya ingin ayam masakannya tidak hanya matang tapi juga memiliki warna yang bagus, tekstur yang juicy pada dagingnya serta matang sempurna.

Diperlukan pengetahuan suhu yang tepat dan teknik pengolahan yang pas untuk menghasilkan olahan ayam yang sempurna layaknya hidangan di hotel mewah atau restoran ternama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini