nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tandanya Seorang Ibu Mengalami Depresi Setelah Melahirkan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 03 November 2016 10:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 03 481 1531708 ini-tandanya-seorang-ibu-mengalami-depresi-setelah-melahirkan-SkIBfyNI6P.jpg Depresi setelah melahirkan (Foto: Wholeparent)

BEBERAPA ibu mengalami gejala depresi pasca melahirkan. Kondisi ini merajuk pada pospartum depression, ditandai adanya perasaan menyakiti dirinya atau si bayi.

Menurut National Institute of Mental Health, mereka yang mengalami depresi atau gangguan bipolar sebelumnya cenderung memiliki komplikasi medis saat melahirkan. Terutama mereka yang tidak memiliki dukungan emosional dari pasangan atau keluarga.

Oleh karenanya, ketahui 4 tanda postpartum depression pada seorang ibu berikut ini, dilansir dari laman Womenshealthmag, Kamis (3/11/2016).

Merasa membuat pilihan yang mustahil

Ibu yang mengalami postpartum depression cenderung merasa bersalah dan cemas saat melahirkan sang bayi. Ia juga merasa khawatir sepanjang waktu karena tidak melakukan pekerjaan yang baik saat mengasuh bayinya.

Ibu tidak tidur, ketika bayi tertidur

Rak sedikit ibu merasa cukup tidur di awal masa merawat bayinya. Allison Kurzman, M.D., psikiatri dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, mengatakan banyak pasiennya yang menunda jam tidurnya kala bayinya terbangun. Hingga ibu tidak bisa tidur, meski bayi tidak bisa tertidur.

Merasa sedih sepanjang waktu

Kondisi baby blues merajuk pada ibu yang kerap merasa stres dan menangis selama beberapa minggu setelah melahirkan. Perasaan tersebut dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari, termasuk pada pola asuh ibu pada bayinya.

Merasa menyakiti diri atau sang bayi

Kurzman mengatakan, ibu yang mengalami postpartum depression kerap merasa bersalah karena menyakiti dirinya atau bahkan si bayi. Dalam beberapa kondisi, mungkin sang ibu merasa malu akan kondisinya karena tidak mendapatkan dukungan sosial.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini