Image

6 Kesalahan Paling Sering Dilakukan saat Membuat Oatmeal

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 05 November 2016, 05:10 WIB
https img.okeinfo.net content 2016 11 04 298 1533326 6 kesalahan paling sering dilakukan saat membuat oatmeal djPPzgdvCX.jpg Kesalahan kerap dilakukan saat membuat oatmeal (Foto:Iowagirl)

SARAPAN yang tidak tepat bisa saja menghancurkan mood Anda sepanjang menjalani aktifitas harian. Contohnya ketika mengolah oatmeal dengan cara yang tidak benar, bukan rasa enak yang didapat justru oatmeal menyebalkan.

Oatmeal yang terbuat dari biji gandum utuh harusnya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan untuk menghasilkan oatmeal yang lezat dan juga sempurna. Dilansir dari Prevention, Sabtu (5/11/2016) berikut enam kesalahan yang kerap terjadi saat membuat oatmeal.

Larutkan dengan air

Oatmeal adalah hasil olahan dari biji gandum yang akan membuat perut merasa kenyang dalam jangka waktu lama. Untuk menghasilkan oatmeal yang sempurna, olah oatmeal dengan susu bukan dengan air. Susu segar atau susu kedelai bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan protein dalam susu membuat oatmeal bekerja dengan sempurna di dalam perut.

Masak menggunakan panci kecil atau mangkuk

Anda mungkin tidak membutuhkan wadah super besar untuk mengolah oatmeal. Tapi gelembung selama proses pemasakan kadang membuat oatmeal meletup-letup. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka gunakan panci untuk membuat oatmeal agar pagi hari Anda tidak disubukkan dengan kegiatan membersihkan kompor.

Salah waktu memasukkan oatmeal

Jika mengolah oatmeal menggunakan microwave tidak terlalu memperdulikan waktu pemasukan oatmeal. Berbeda jika mengolah oat menggunkaan kompor. Waktu paling tepat untuk memasukkan oat adalah saat cairan sudah mulai mendidih. Ini akan membuat oatmeal terasa krimi.

Lupa menambahkan garam

Lupa menambahkan garam jadi hal yang fatal ketika mengolah oatmeal. Versi oatmeal manis atau asin yang akan Anda buat, semuanya membutuhkan garam sebagai penambah rasa. Tambahkan garam saat oatmeal baru dimasak karena ketika oatmeal sudah mengental maka rasa asin tidak akan tersebar sempurna dan hanya terpusat di satu titik tertentu.

Lupa mengaduk

Mengaduk oatmeal membantu memecahkan gelembung dan juga membuat oatmeal tidak menggumpal. Jangan lupa untuk mengaduk selama proses pemasakan oatmeal. Pengadukan harus dilakukan saat membuat oatmeal menggunakan microwave ataupun kompor. Jika menggunakan microwave, keluarkan oatmeal setiap 45 detik sekali untuk mengaduknya.

Masak over cook

Jangan masak oatmeal dalam waktu yang terlalu lama. Oatmeal termasuk makanan instan sehingga hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mengolahnya. Paling lama, masak oatmeal selama 5 menit. Lebih dari itu, maka tekstur menyedihkan yang akan Anda dapatkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Bikin Oatmeal
Cari Berita Lain Di Sini