nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Sering Begadang Bisa Memicu Kegemukan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 04 November 2016 21:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 04 481 1533233 awas-sering-begadang-bisa-memicu-kegemukan-w6g0kynHlI.jpg Begadang picu kegemukan (Foto: Health)

FAKTA terbaru mengenai kegemukan akibat sering begadang terungkap. Dalam sebuah studi menunjukkan, jika waktu tidur berkurang maka semakin lapar di hari berikutnya.

Peneliti dari European Journal of Clinical Nutrition telah mengumpulkan hasil dari 11 studi yang ada kaitannya antara kurang tidur dan konsumsi kalori berlebih.

Studi tersebut mengumpulkan data 172 orang yang berusia 18 sampai 50, baik pria dan wanita yang memiliki berat badan normal hingga obesitas. Penelitian juga melibatkan kelompok kontrol di mana terdapat orang-orang yang sering begadang dan hanya tidur 3-5 ½ jam dalam sehari.

Hasilnya? Peneliti mengungkap fakta, mereka yang kurang tidur rata-rata mengonsumsi 385 kalori tambahan setiap hari. Kalori tersebut hampir serupa dengan 4 ½ iris roti.

"Mereka yang memiliki tubuh proporsional mengonsumsi lebih banyak makanan berlemak dan rendah protein,” ungkap Gerda Pot. PhD, Divisi Diabetes & Ilmu Gizi di King College London.

Peneliti lain juga berspekulasi bahwa kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang berhubungan dengan rasa lapar, seperti leptin dan ghrelin. Tapi Gerda Pot menjelaskan bahwa kegemukan itu juga diakibatkan oleh gaya hidup hedonis yang hanya makan karena mencari kesenangan.

“Mereka yang sering begadang akan cenderung merasa gelisah dan memuaskan kecemasan itu dengan makanan,”m ungkap Sharon Zarabi, RD, direktur program bariatrik di Lenox Hill Hospital di New York, Amerika Serikat.

Dalam kondisi kurang istirahat, sistem metabolisme juga dapat terganggu. Hal tersebut membuat apa pun yang dikonsumsi lebih lama dicerna tubuh sehingga memicu timbunan lemak. Demikian seperti dikutip Health, Jumat (4/11/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini