Cara Buat Ramuan Bawang Putih Madu untuk Mengobati Penyakit Pernapasan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 06 November 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 04 481 1533416 cara-buat-ramuan-bawang-putih-madu-untuk-mengobati-penyakit-pernapasan-u2CHrtOZtI.jpg Ramuan bawang putih madu mengobati penyakit pernapasan (Foto: Steptohealth)

PENYAKIT pernapasan yang sering Anda alami selama musim hujan umumnya karena sistem kekebalan tubuh lemah. Penyakit ini menyerang semua orang, tanpa memandang usia.

Kebanyakan kasus, penyakit pernapasan disebabkan oleh berbagai infeksi bakteri atau virus yang tidak bisa dihentikan oleh antibodi. Akibatnya, seseorang mengalami kesulitan bernapas dengan normal, bersama dengan gejala tidak nyaman lainnya.

Untuk pengobatan, tergantung pada apa yang menyebabkan setiap episode dan bagaimana hal tersebut berkembang dari waktu ke waktu. Tapi, ada beberapa bahan alami yang karena memiliki sifat obat, dapat mengobati hampir semua kondisi penyakit parnapasan.

Bahan alami 100 persen untuk mengobati penyakit pernapasan ini adalah kombinasi madu dan bawang putih. Senyawa aktif keduanya membersihkan saluran pernapasan dan memperkuat pertahanan tubuh untuk cepat pulih.

Madu bawang putih untuk memerangi penyakit pernapasan

Madu dan bawang putih telah terdaftar sebagai hadiah terbesar dari alam, karena memberikan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Senyawa aktif dan nutrisi penting merevitalisasi tubuh serta mencegah gangguan serius berkembang.

Memang, belum diketahui siapa yang pertama kali mengombinasikan madu dan bawang putih sebagai obat herbal. Beberapa orang menyatakan, kombinasi madu dan bawang putih adalah pengobatan tradisional China, tetapi juga diyakini menjadi bagian dari budaya Mesir.

Tetapi, satu hal yang pasti, ramuan obat alami ini begitu dihargai di seluruh dunia. Tentu saja karena tidak hanya alami, tetapi efek positifnya yang telah terbukti.

Kandungan bawang putih untuk obat

(Foto: Steptohealth)

Bawang putih adalah bumbu yang umumnya digunakan untuk menambah rasa masakan. Tapi, di luar kuliner, bawang putih adalah obat alami yang telah dimanfaatkan kandungannya. Telah terbukti, kandungan dalam bawang putih berperan sebagai stimulan yang baik dan ekspektoran, di mana sempurna untuk mengatasi masalah saluran pernapasan.

Senyawa aktif utamanya adalah allicin yang memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan nyeri tenggorokan, sinusitis, dan gejalan lain yang melibatkan masalah paru-paru. Karena itu, bawang putih biasanya dimanfaatkan untuk mengobati batuk, mengendalikan asma, melawan bronkitis, mengobati tuberkulosis, meringankan batuk dan flu serta mencegah alergi. Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber alami dari serat, gula, protein, vitamin A, C, dan E, mineral seperti kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

Kandungan madu untuk obat

(Foto: Steptohealth)

Madu merupakan produk alami yang 100 persen dibuat oleh lebah. Madu alami berperan penting dalam pengobatan alternatif dan dianggap sebagai sumber nutrisi yang sangat baik. Selain itu, madu juga sumber antioksidan dan zat antibiotik yang melindungi kesehatan paru-paru dan sistem pernapasan secara keseluruhan.

Madu memberikan vitamin B dan C, asam folat dan asam fosfat. Selain itu, madu juga merupakan sumber mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium silikon dan zat besi.

Cara mempersiapkan dan membuat

(Foto: Steptohealth)

Bawang putih madu dapat dipersiapkan untuk mengobati penyakit pernapasan. Tetapi, Anda juga bisa membuat ramuan alami ini untuk mencegah penyakit pernapasan.

Bahan-bahan:

- 3 bawang putih

- 1 sendok madu organis

- 1 botol kaca disterilkan

Cara membuat:

- Potong siung bawang putih menjadi beberapa irisan dan taruh di toples.

- Tambahkan madu pada bawang putih dan simpan di tempat yang sejuk serta gelap.

- Simpan selama seminggu, baru mulai mengonsumsinya

- Untuk pencegahan, konsumsi satu sendok teh sebelum sarapan

- Jika Anda ingin mengobati penyakit, konsumsi lima sendok makan sehari selama 7 hari.

Ramuan alami ini dapat digunakan untuk mengobati batuk dan pilek, saluran pernapasan mampet, demam dan mengigil, batuk kering dan infeksi pernapasan. Dikutip dari laman Steptohealth.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini