Yoga Bekal Ibu Berlatih Mengatur Napas saat Melahirkan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 November 2016 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 07 481 1534630 yoga-bekal-ibu-berlatih-mengatur-napas-saat-melahirkan-qSDfr0gMW2.jpg Yoga bantu calon ibu berlatih pernapasan (Foto: Cleartrip)

BANYAK hal yang harus dipersiapkan oleh calon ibu sebelum melahirkan. Salah satu kunci utama agar mengeluarkan bayi tidak disertai rasa nyeri hebat saat bersalin normal adalah mengatur pernapasan.

Dikutip Mindbodygreen, Senin (7/11/2016), beberapa gerakan prenatal yoga dapat membantu Anda berlatih mengatur pernapasan dengan benar. Karena hal ini membuat tubuh Anda santai di saat proses melahirkan nantinya.

Selain itu, yoga juga membantu merelaksasi pikiran Anda sebelum melahirkan. Tidak ada anggapan bahwa melahirkan itu sakit sekali ketika Anda sudah pintar mengatur pernapasan dengan melakukan prenatal yoga.

Instruktur yoga Anda akan mengajarkan cara mengatur napas yang benar sebagai bekal bersalin. Pertama-tama, Anda diminta untuk tarik napas dengan hidung hingga beberapa detik di perut, kemudian buang napas lewat mulut. Ulangi beberapa kali hingga pikiran benar-benar rileks.

Teknik ini disebut dengan latihan bernapas dengan perut. Cara ini memungkinkan ibu hamil untuk mendapatkan lebih banyak oksigen ke dalam tubuh.

Kalau sudah terbiasa, praktikkan ketika Anda sedang menjalani proses melahirkan. Jangan teriak kesakitan, karena justru benar-benar menyulitkan Anda untuk mengeluarkan kepala bayi.

Coba tenang dan atur napas yang benar. Bidan atau dokter akan menggiring Anda agar bisa melatih napas ketika melahirkan bayi. Dijamin, bersalin tidak akan merasa tegang dan sakit, serta proses melahirkan pun lancar.

Saat memasuki usia trimester ketiga, panggul Anda akan merasakan nyeri hebat. Bahkan, mulut rahim juga terasa nyeri karena menahan dorongan kepala bayi.

Tapi Moms, jika Anda melakukan yoga, rasa nyeri hilang seketika. Beberapa gerakan yoga membantu meregangkan otot panggul, sekaligus melebarkan jalan lahir janin Anda. Selamat mencoba!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini