nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pria Inikah yang Akan Jadi Orang Pertama Sembuh dari HIV?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 07 November 2016 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 07 481 1535026 pria-inikah-yang-akan-jadi-orang-pertama-sembuh-dari-hiv-IOFVGvnymt.jpg Ilustrasi (Foto: Indiatimes)

PRIA asal Inggris yang enggan disebutkan namanya ini menjadi orang pertama dalam sejarah yang akan disembuhkan dari HIV. Peneliti dari 5 Universitas di Inggris telah bekerja sama untuk membuat program penyembuhan HIV yang akan dilakukan pada 50 orang pengidap HIV.

"Kami sedang menjajaki kemungkinan nyata untuk menyembuhkan HIV. Ini adalah tantangan besar dan saat ini masih dalam tahap awal tapi menunjukkan progres yang luar biasa," kata Mark Samuel, direktur National Institute for Health Research Office for Clinical Research Infrastructure, seperti dikutip Indiatimes, Senin (7/11/2016).

Seperti diketahui, HIV tergolong penyakit yang sulit diobati. Pasalnya virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh termasuk DNA dari Sel T hingga bukannya menyerang penyakit, tapi berubah jadi produsen virus yang menyerang tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan, ilmuwan menggunakan terapi anti-retroviral yang dapat membuat Sel T terinfeksi HIV sedikit jinak, sehingga kemungkinan Sel T aktif lainnya tidak tertular virus tersebut.

Terapi ini terdiri dari dua tahap. Pertama, vaksin diberikan pada pengidap HIV agar tubuh mampu mengenali sel yang terinfeksi sehingga dapat membuang sel tersebut.

Kemudian diberi obat yang disebut Vorinostat yang dapat mengaktifkan Sel T baru sehingga tidak mudah terinfeksi dan dapat berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Terapi ini akan terus dilakukan dan dikembangkan dalam lima tahun kedepan.

"Terapi ini dirancang khusus untuk membersihkan tubuh dari semua virus HIV, termasuk yang aktif," kata Profesor Sarah Fidler, yang juga seorang dokter konsultan di Imperial College London.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini