Yoga Bantu Cegah Nyeri di Bagian Dasar Panggul Ibu Hamil

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 November 2016 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 07 481 1535050 yoga-bantu-cegah-nyeri-di-bagian-dasar-panggul-ibu-hamil-NnYkODbYNC.jpg Yoga saat hamil (Foto: Happyyoganewcastle)

SAAT memasuki usia trimester ketiga, panggul Anda akan merasakan nyeri hebat. Bahkan, mulut rahim pun rasanya seperti terbakar karena menahan dorongan kepala bayi.

Sesungguhnya, otot dasar panggul ini mendukung organ reproduksi dan pencernaan organ, serta bayi selama kehamilan. Perannya pun penting untuk berhubungan seksual.

Di masa kehamilan, Anda tidak boleh malas untuk melatih otot dasar panggul. Pada dasarnya organ tersebut menjadi sangat lemah ketika hamil. Namun, Anda tidak boleh malas untuk menguatkan otot dasar panggul.

Ketika lemah, Anda mengalami sembelit, sakit selama berhubungan seks, sakit selama jongkok, bahkan ketika buang air kecil. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas Anda dalam situasi apapun.

Untuk mengurangi beban sakit di bagian dasar panggul, Anda bisa mengikuti kelas yoga hamil atau dikenal dengan prenatal yoga setiap harinya. Banyak manfaat yang Anda dapatkan, terutama untuk bekal utama saat proses bersalin nantinya.

Dilansir Mindbodygreen, Senin (7/11/2016), beberapa gerakan yoga membantu meregangkan otot dasar panggul. Tidak cuma itu, tanpa disadari yoga juga membantu melebarkan jalan lahir janin.

Beberapa gerakan yoga dapat menguatkan otot dasar panggul Anda yang mengalami kelemahan saat hamil. Sekali melakukan yoga, efeknya tidak lagi membuat Anda mengalami rasa nyeri.

Selain itu, gerakan yoga yang melibatkan kekuatan dasar panggul akan merangsang aliran darah di daerah panggul setelah melahirkan mempercepat pemulihan pasca-melahirkan, terutama mempercepat penyembuhan luka jahitan.

Ketika melakukan yoga, instruktur Anda akan memilihkan gerakan yoga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Meskipun rasanya badan seperti ditekuk-tekut, jangan khawatir dengan efek cedera. Justru, tubuh Anda menjadi lebih bugar setelah latihan yoga lho, Moms!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini