nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengalami Menopuse Dini 2 Kali Lipat Berisiko Osteoporosis

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 November 2016 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 07 481 1535099 mengalami-menopuse-dini-2-kali-lipat-berisiko-osteoporosis-vDObyvVIoT.jpg Menopause dini lebih berisiko osteoporosis (Foto: Thehealthsite)

WANITA yang telah mengalami menopause sangat berisiko menderita osteoporosis saat lansia. Tapi, ketika menopause datang di usia sebelum 40 tahun, dua kali lebih berisiko mengidap menopause sebelum menginjak tua.

Osteoporosis yang terjadi akibat menopause dini tidak bisa ditangkal dengan mengonsumsi suplemen vitamin D atau susu dengan label tinggi kalsium, yang mampu menguatkan tulang hingga usia tua.

Untuk membuktikannya, para peneliti dari Benua Amerika mengevaluasi kekutana kalsium dan vitamin D yang dikandung oleh beberapa suplemen. Studi ini melibatkan hampir 22.000 wanita yang mengalami menopause dini.

Berdasarkan uji klinis, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengalami menopause dini memiliki risiko osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang menopause di atas usia 40 tahun. Maka, untuk melawannya, wanita yang mengalami menopause harus melakukan terapi hormonal sejak muda.

"Perempuan berisiko mengalami kerapuhan tulang meskipun mendapatkan asupan kalsium dann vitamin D yang lebih. terapi hormon lebih cocok untuk menguatkan tulang secara keseluruhan," ujar Jo Ann Pinkerton, Direktur Eksekutif NAMS, dilansir Timesofindia, Senin (7/11/2016)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini