nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Duduk Terlalu Lama Meningkatkan Gula Darah

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 07 November 2016 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 07 481 1535229 awas-duduk-terlalu-lama-meningkatkan-gula-darah-6WQQEkGP4a.jpg Duduk terlalu lama meningkatkan gula darah (Foto: Zeenews)

DUDUK terlalu lama sudah jadi siklus pekerja kantoran. Namun tidak banyak orang tahu bahwa kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Misalnya penumpukkan lemak di perut, risiko diabetes, sakit punggung sampai kesehatan mental terganggu. Berikut ulasan selengkapnya mengenai bahaya duduk terlalu lama, seperti dikutip Boldsky, Senin (7/11/2016).

Penumpukan lemak di perut

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mereka yang duduk terlalu lama dapat menyebabkan tumpukan lemak di perut dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh metabolisme melambat, jumlah kalori yang terbakar sangat sedikit, sehingga memudahkan lemak menumpuk di area perut.

Sakit punggung

Sakit punggung merupakan dampak utama jika duduk terlalu lama. Terlebih jika Anda duduk di depan komputer, karena hal itu membuat Anda duduk terlalu lama dalam posisi yang sama. Jika dibiarkan terlalu lama, maka dampaknya dapat membuat tulang belakang sakit, nyeri punggung atau bahkan sakit leher.

Meningkatkan gula darah

Banyak ahli menyatakan bahwa duduk terlalu lama membuat produksi insulin terganggu. Hal itu menyebabkan adanya lonjakan gula dalam darah dan lebih parah dapat memicu diabetes.

Kesehatan mental memburuk

Selain sakit punggung, lonjakan gula darah dan menumpuknya lemak di area perut. Ternyata ada dampak negatif lain akibat duduk terlalu lama, yakni gangguan kesehatan mental.

Ketika seseorang duduk terlalu lama, kapasitas darah yang membawa oksigen ke otak dapat berkurang. Hal tersebut berdampak pada penurunan daya ingat bahkan menyebabkan depresi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini