Berat Badan Terus Naik? Mungkin Anda Kurang Tidur

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 08 November 2016 08:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 08 481 1535594 berat-badan-terus-naik-mungkin-anda-kurang-tidur-M3GvtlDj2S.jpg Kurang tidur sebabkan kenaikan berat badan (Foto: Zeenews)

TIDUR delapan jam setiap malam akan membuat tubuh terasa bugar pada keesokan harinya. Tersebab padatnya rutinitas, membuat kita jarang memenuhi porsi normal jam tidur itu.

Padahal, kurang tidur menyebabkan kelelahan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, ketahuilah dampak kurang tidur bagi kesehatan tubuh, dikutip dari laman Zeenews, Selasa (8/11/2016).

Kesehatan jantung

Orang dengan masalah tidur memiliki risiko lebih tinggi memiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Tidur memainkan peran penting untuk memulihkan dan memperbaiki masalah pada pembuluh darah dan jantung.

Diabetes

Penelitian menunjukkan, orang-orang yang kurang tidur dari lima jam memiliki risiko besar terhadap penyakit diabetes.

Penyakit saluran napas

Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat seseorang rentan terhadap masalah pernapasan, seperti influenza dan demam. Kurang tidur dapat memperburuk kondisi orang-orang yang memiliki riwayat kejiwaan.

Kesehatan mental

Tak hanya kesehatan tubuh, gangguan tidur kronis dapat menyebabkan gangguan mood jangka panjang, seperti depresi dan kecemasan. Studi menunjukkan, orang dengan gangguan jiwa ditemukan memiliki siklus tidur yang buruk.

Berat badan

Sebuah studi terbaru menunjukkan, kurang tidur dapat membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, sehingga meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Sebuah studi dalam European Journal of Clinical Nutrition mengatakan, orang-orang yang tidak mendapatkan tidur cukup, cenderung mengonsumsi 385 kalori tambahan pada hari berikutnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini