Yuk Tebalkan Rambut dengan Biji Labu

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 15 November 2016 09:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 14 194 1541208 yuk-tebalkan-rambut-dengan-biji-labu-9Xq5Y7FsMg.jpg Ilustrasi (foto: shutterstock)

LABU selain lezat dikonsumsi sebagai bahan untuk membuat aneka makanan seperti sayur dan kue, bahkan juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertumbuhan rambut sehingga rambut bisa menjadi tebal adanya.

Dengan kandungan sumber anti-oksidan yang tinggi, labu bisa difungsikan untuk memperbaiki kerusakan folikel-folikel rambut, menutrisi dan melembapkan rambut. Selain bisa menutrisi rambut, dengan kandungan vitamin A, C, dan B complex labu juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Mulai dari menutrisi kulit kepala, mengatasi ketombe, hingga merawat kerusakan pada batang rambut dan memicu tingkat produksi pertumbuhan rambut.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan labu untuk menebalkan rambut? Baca uraiannya di bawah ini, sebagaimana dilansir Boldsky, Selasa (15/11/2016).

Step 1

Keluarkan semua biji-biji yang terdapat pada labu, pisahkan dalam suatu wadah. Kemudian jemur dan keringkan biji-biji labu tersebut langsung di bawah paparan sinar matahari selama kurang lebih 24 jam. Setelah biji-bijian ini kering, giling kering hingga menjadi bubuk labu yang halus.

(foto: boldsky)

Step 2

Sementara itu, jangan lupa untuk memanaskan 3 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 10 tetes minyak primrose dengan api kecil.

Step 3

Panaskan campuran tiga minyak alami tersebut selama kurang lebih 5 menit, setelah 5 menit kemudian sisihkan dan biarkan perlaha-lahan menjadi dingin. Setelah dingin, kemudian masukkan bubuk labu halus yang sudah digiling tersebut lalu aduk rata menggunakan garpu. Kocok merata sampai menjadi adonan pasta yang halus.

Step 4

Sebelum mengaplikasikan pasta labu, sisirlah rambut terlebih dahulu agar rambut tidak kusut. Gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi resiko rambut rontok atau patah.

Step 5

Setelah semua rambut disisi, belah bagian-bagian rambut menjadi bagian-bagian kecil. Lalu setelah itu baru oleskan pasta labu tadi dengan bantuan sisir. Balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

 (foto: boldsky)

Step 6

Setelah diberi masker, gelung rambut dalam bentuk cepolan bundar yang longgar. Kemudian bungkus rambut dengan shower cap, diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah didiamkan mengering selama 1 jam, baru bilas rambut bersih dengan menggunakan sampo.

*Sesuaikan kuantitas masker dengan panjang dan ketebalan rambut masing-masing.

(SLV)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini