6 Makanan Ini Dilarang Beredar karena Alasan Konyol, Termasuk Samosa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 15 November 2016 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 14 298 1541245 6-makanan-ini-dilarang-beredar-karena-alasan-konyol-termasuk-samosa-qSE9B2NEii.jpg Samosa dilarang di Yaman (Foto: Boldsky)

BERAGAMNYA kebudayaan dan tradisi yang dimiliki setiap negara di dunia, ternyata berdampak pada jenis makanan yang mereka hasilkan. Seperti Italia yang populer berkat pizza, Indonesia dengan daging rendang, hingga Jepang dengan sushinya.

Meskipun demikian, ada juga negara yang melarang peredaran jenis makanan tertentu dengan alasan yang sedikit konyol.

Dilansir dari The Daily Meal, berikut 6 daftar makanan yang dilarang beredar oleh sejumlah negara di dunia, Selasa (15/11/2016).

Saus tomat

Satu-satunya negara yang melarang peredaran saus tomat di negaranya adalah Prancis. Mereka khawatir, para generasi muda terutama siswa sekolah dasar, menggunakan saus tomat terlalu banyak sehingga menutupi keunikan kuliner tradisional khas Prancis itu sendiri. Namun sayangnya, para siswa masih dapat menggunakan saus tomat ini untuk menyantap kentang goreng.

Kinder surprise eggs

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa, kombinasi mainan dan cokelat dapat menjadi sesuatu yang menarik di mata anak-anak. Namun sayangnya, pada 1938, pemerintah Amerika Serikat melarang peredaran salah satu camilan ternama yaitu, kinder surprise eggs. Menurut pernyataan pemerintah AS, kudapan tersebut dinilai tidak baik untuk pertumbuhan anak dan sangat rawan tersedak.

Mountain dew

Minuman ini dilarang di Eropa dan Jepang karena mengandung brominated vegetable oil (bov) yang berfungsi untuk menjaga rasa jeruk agar tetap terasa nikmat. Zat kimia ternyata dapat menyebabkan penyakit kulit dan kerusakan saraf.

Almond mentah

Meskipun dianggap sebagai camilan yang sehat, 100 persen almond mentah yang beredar di Amerika Serikat sebetulnya dijual secara ilegal. Sejak wabah salmonella yang melanda Kanada pada 2001, pemerintah AS mengeluarkan pelarangan mengonsumsi almond mentah.Kacang almond seharusnya diolah di suhu 93 derajat Celcius.

Susu mentah

Kanada, Skotlandia, Australia dan 18 negara bagian AS sepakat untuk melarang peredaran susu mentah (tanpa melewati pasteurisasi) di negara tersebut. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah bakteri berbahaya seperti salmonella, listeria dan E. coli. Proses pasteurisasi dinilai dapat membunuh sebagian besar bakteri dan patogen, sehingga susu aman dikonsumsi.

Samosa

Samosa sebetulnya merupakan kudapan berbentuk kue goreng yang berisikan daging, kentang dan kacang lentil. Hidangan lezat ini ternyata dilarang beredar di kawasan Yaman oleh kelompok militan Al-Shabaab. Mereka mengatakan bahwa, vendor yang menyuplai makanan tersebut disinyalir menggunakan daging busuk sebagai bahan campurannya. Selain itu, samosa yang berbentuk segitiga itu juga dinilai mempresentasikan Trinitas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini