nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Buang Biji Mangga, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan (Part-1)

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 16 November 2016 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 15 481 1542374 jangan-buang-biji-mangga-ini-manfaatnya-untuk-kesehatan-part-1-ws96OprQ00.jpg Biji mangga berikan banyak manfaat untuk kesehatan (Foto: Stylecraze)

SIAPA yang tak suka mangga? Rasanya yang manis dan segar membuat buah berwarna oranye ini digemari banyak orang. Disamping itu, mangga juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Mulai dari mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, menutrisi mata, melancarkan pencernaan hingga menjaga daya tahan tubuh. Tapi tahukah Anda, ada bagian buah mangga yang tak kalah berkhasiat dan sering dilupakan penikmatnya. Yakni biji mangga.

Untuk bisa merasakan manfaat biji mangga. Anda dapat menjemur biji mangga hingga kering dan haluskan. Kemudian dicampur dengan air dan madu serta rasakan manfaatnya.

Berikut ulasan mengenai manfaat bubuk biji mangga, seperti dikutip Stylesatlife, Rabu (16/11/2016),

Atasi diare

Serbuk biji mangga dapat mengatasi diare dan disentri. Konsumsilah serbuk biji mangga 2-3 kali sehari maka dampaknya akan lebih efektif. Dosis yang tepat adalah sekira 1-2 gram dan dicampur dengan sedikit air dan madu.

Efektif membersihkan gigi

Serbuk biji mangga dapat digunakan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan plak. Caranya dengan menabur bubuk biji mangga pada sikat gigi dan gunakan seperti biasa.

Menurunkan kolesterol

Konsumsi bubuk biji mangga dapat memperlancar aliran darah. Pasalnya kandungan nutrisi di dalamnya dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang dikenal LDL.

Mengatur gula darah

Penderita diabetes juga dapat mengonsumsi bubuk biji mangga. Sebab, efeknya dapat mengatur kadar gula dalam darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini