Share

Sadis, Perusahaan China Hukum Karyawan dengan Minum Koktail Isi Cacing Hidup

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 16 November 2016 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 298 1543223 sadis-perusahaan-cina-hukum-karyawan-dengan-minum-koktail-isi-cacing-hidup-oHY28DrKg9.jpg Koktail cacing hidup (Foto:Odditycentral)

SETIAP perusahaan pastinya menetapkan target kerja untuk para karyawannya. Jika target tidak terpenuhi maka jangan heran jika perusahaan memberikan hukuman. Satu perusahaan di Tiongkok punya cara sendiri untuk menghukum karyawannya, yakni dengan makan cacing hidup. Waduh!

Dilansir dari OdditieCentral, Rabu (16/11/2016), beberapa perusahaan asal Tiongkok memang dikenal sebagai yang kerap menghukum karyawannya dengan cara unik dan tidak biasa. Sebuah perusahaan di Hanzhong, Provinsi Shaanxi misalnya yang menghukum karyawan yang tidak memenuhi target penjualan dengan menyantap cacing hidup. Terdengar menjijikan saat seseorang harus menelan koktail yang berisi cacing hidup di dalamnya.

Sebanyak 60 karyawan perusahaan dipanggil di area lapang luar ruangan kemudian mereka dihampiri oleh seorang pria yang membawa tas yang isinya tak lain adalah cacing yang masih dalam kondisi hidup. Cacing ini kemudian diambil menggunakan sumpit lalu ditaruh dalam gelas plastik yang sudah diisi minuman beralkohol.

Satu per satu karyawan yang gagal memenuhi target penjualan diharuskan maju dan meminum koktail dengan tambahan bahan yang tak pernah disangka-sangka. Lima sampai enam karyawan berkinerja paling buruk bahkan harus menegak minuman penuh cacing ini di hadapan rekan-rekannya.

Seorang karyawan yang enggan disebut namanya mengatakan kepada media harian Huashang, satu orang karwyawan harus menelan empat ekor cacing untuk setiap proyek yang gagal. Salah satu karyawan pemerima hukuman ini adalah seorang wanita hamil yang menolak menyantapnya karena khawatir akan kandungannya.

"Saya tidak mau makan cacing sekarang, saya tidak mau kehilangan bayi saya," ungkap wanita ini pada manager penjualan. Akhirnya seorang pria yang tak lain adalah rekannya harus rela menegak cacing atas nama wanita ini.

Beberapa foto viral ini diambil oleh pejalan kaki yang kebetulan melintas dan kemudian langsung ramai di media sosial. Tak pelak, aksi hukuman ini memicu kemarahan dari jutaan netizen.

Perusahaan terkait kemudian melakukan klarifikasi tentang kejadian ini. Perusaan Ai Jia adalah gabungan perusahaan konstruksi yang memperkerjakan banyak orang dengan target tertentu. Pihak perusahaan berkilah dan mengatakan hukuman ini boleh diterima ataupun ditolak. Namun hal ini ditepis karyawan perusahaan yang justru membuka lebih banyak kasus serupa.

"Selain cacing, kami juga makan cumi-cumi hidup dan semut sebelumnya," kata salah satu karyawan.

Pemilik perusahaan mengatakan hal ini dilakukan semata-mata sebagai bentuk dorongan agar karyawan bisa bekerja lebih giat lagi. Padahal sudah tertulis dalam undang-undang bahwa perusahaan tidak diperkenankan memberi hukuman yang mempermalukan atau membahayakan secara fisik bagi para pekerja. Kasus ini kedepannya akan diselesaikan secara hukum, agar ke depannya tidak ada lagibperusahaan 'bandel' yang menerapkan hukuman aneh pada karyawannya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini