nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Gejala Setelah Terinfeksi HIV di Tahun Pertama

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 16 November 2016 14:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 16 481 1542966 5-gejala-setelah-terinfeksi-hiv-di-tahun-pertama-FHBsGQNclq.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

KETIKA HIV mencapai tahap akhir, tubuh tidak dapat melawan penyakit. Namun, banyak pasien mungkin mengembangkan banyak gejala di tahun petama setelah terinfeksi infeksi.

Berikut gejala-gejala setelah satu tahun terinfeksi HIV seperti yang dilansir dari Livestrong, Rabu (16/11/2016):

Seperti gejala flu

Pasien yang baru terinfeksi HIV dapat mengalami infeksi akut. Selama fase ini, virus mereproduksi dengan cepat dan menghancurkan sel-sel CD4 + T tubuh. Hal ini menyebabkan munculnya sindrom HIV akut.

Menurut AIDS gov, sekira 2 sampai 4 minggu setelah terinfeksi virus, pasien mungkin mengalami gejala seperti flu, termasuk sakit kepala, demam, nyeri otot, sakit tenggorokan dan kelelahan.

Penurunan berat badan

Pasien dengan infeksi HIV dapat mengembangkan kehilangan nafsu makan, sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Meskipun gejala ini lebih sering terjadi pada tahap lanjut HIV, tanda ini juga bisa muncul selama fase akut. Jadi, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya bisa menjadi gejala HIV, segera periksa ke dokter.

Mual dan diare

Mual dan diare bahkan dapat terjadi dalam beberapa minggu setelah terinfeksi HIV. Gejala ini biasanya disertai dengan flu atau infeksi lain yang tidak sembuh dalam beberapa minggu.

Ruam kulit

Ruam kulit dapat berkembang selama fase akut HIV. Ruam ditandai dengan merah atau benjolan merah kecil di kulit. Ruam mungkin sulit dibedakan dengan reaksi alergi. Pasien harus menghubungi dokter jika ruam berkembang untuk memastikan bahwa pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan diperlukan atau tidak.

Kelenjar getah bening bengkak

Selama sindrom HIV akut, pembengkakan kelenjar getah bening adalah gejala umum lainnya yang terjadi. Setelah gejala lain menghilang, biasanya kelenjar getah bening tetap membesar, benjolan menimbulkan rasa sakit di leher, bawah lengan atau di pangkal paha. Jika gejala-gejala tersebut terjadi, segera periksa ke dokter untuk dilakukan tes darah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini