Lakukan 5 Tips Ini agar Tetap Sehat di Kantor

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 17 November 2016 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 481 1543471 lakukan-5-tips-ini-agar-tetap-sehat-di-kantor-SZHsM4a3O6.jpg Lakukan peregangan di kantor (Foto: Readerdigest)

PARA pekerja tidak berarti sulit untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat di kantor. Karena cara ini merupakan kunci utama agar tubuh terus bugar di sela beraktivitas.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI drg Kartini Rustandi MKes mengatakan, para pekerja kantoran harus memperbanyak aktivitas fisik untuk melawan stres akibat lelah bekerja. Berikut lima tipsnya, dirangkum Okezone, Rabu 16 November 2016.

Melakukan peregangan di balik meja kerja

Setiap dua jam, Anda disarankan untuk berdiri sejenak untuk melakukan peregangan. Gerakkan seluruh anggota badan Anda, terutama tangan, kaki, punggung, pinggul dan pinggang. Cara ini dilakukan untuk melemaskan otot kaku akibat terlalu lama duduk menghadap komputer

Konsumsi makanan sehat

Saat makan siang, tetap pilih makanan bergizi kaya serat, vitamin dan protein. Banyak manfaatnya terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Juga, jangan lagi membiasakan beli makanan di pedagang kaki lima yang dibungkus plastik, kertas atau bahkan sterofoam. Semua jenis pembungkus makanan tersebut memicu penyakit berbahaya di kemudian hari.

Tidak merokok

Jangan gunakan waktu istirahat Anda untuk merokok di luar ruang kerja. Merokok bahayanya tidak hanya mengganggu konsentrasi di kantor, tetapi juga Anda rentan mengalami serangan jantung dan gangguan pernapasan yang fatal.

Buang sampah pada tempatnya

Di mana saja tempatnya, pasti orang akan membuang sampah. Terutama saat Anda berada di kantor. Buanglah sampah pada tempatnya agar ruang kerja Anda tetap sehat. Jauhkan pula tong sampah dari ruang kerja Anda. Pilah-pilah jenis sampah agar baunya tidak mengganggu.

Cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan Anda pakai sabun sesering mungkin. Terutama jika Anda mau menyentuh makanan. Jangan lupa sediakan sabun di meja kerja Anda agar memudahkan untuk membersihkan tangan dari kuman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini