Tak Perlu Jadi Tren, Kelezatan Tiramisu Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 17 November 2016 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 17 298 1543814 tak-perlu-jadi-tren-kelezatan-tiramisu-tak-pernah-lekang-oleh-waktu-ToRvxiMZpF.jpg Tiramisu tidak pernah lekang oleh waktu (Foto: Bbcfood)

BEBERAPA makanan saat ini kerap menjadi tren kuliner, tapi ternyata tidak berlaku untuk semua jenis makanan. Pasalnya ada makanan yang tergolong tren sepanjang masa, salah satunya tiramisu.

Ditemui Okezone di Jakarta beberapa waktu lalu, Chef Odie Djamil mengatakan tiramisu bukanlah satu makanan yang hadir sesuai tren. Tiramisu hampir selalu jadi makanan favorit sepanjang masa sejak puluhan tahun lalu.

"Tiramisu long lasting, bukan jenis makanan trendy. Jadi sepanjang tahun itu tiramisu pasti tidak pernah hilang. Sama seperti hal-nya bleck forest dan dessert serupa," kata Chef Odie yang terkenal mahir di dunia pastry dan cokelat ini.

Chef Odie lanjut menjelaskan, di pasaran banyak varian tiramisu yang bisa dijumpai, itu sah saja asalkan rasa dan komponen dari tiramisu tidak hilang.

"Boleh saja bikin parfait rasa tiramisu, layer cake rasa tiramisu, es krim atau mousse dengan menghadirkan sensasi rasa tiramisu. Semua boleh berkreasi asalkan semua komponen rasa dalam tiramisu harus ada," ungkapnya

Komponen tersebut, dijelaskan Chef Odie Djamil harus terdiri dari susu, krim, biskuit, espresso dan cokelat bubuk.

"Tiramisu itu termasuk dessert yang sederhana, isinya semua berasal dari bahan yang familiar. Ada lima bahan wajib yakni susu, krim, biskuit lady finger, espresso dan cokelat bubuk," beber Odie.

Pria ramah ini lanjut menjelaskan dari lima komposisi tersebut memiliki peran masing-masing dalam menyusun komponen rasa dari tiramisu. "Krim memberi tekstur lembut, lady finger ngasih tekstur krunchynya, espresso di sela-sela biskuit bisa jadi bahan yang rasanya strong namun familiar, bubuk cokelat untuk menambah rasa dan tampilan yang lebih bagus," lanjut Chef Odie.

Paduan rasa yang kompleks ini kemudian tidak menghasilkan efek berlebihan dan tabrak lagi, justru setiap komposisi mewakili rasa masing-masing mulai dari pahit, manis dan creamy. Hal ini yang membuat tiramisu bisa diterima lidah masyarakat luas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini