nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunda, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan Sayur & Buah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 November 2016 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 17 298 1544095 bunda-ini-5-cara-ampuh-mengatasi-anak-susah-makan-sayur-buah-d69D0X6rle.jpg Libatkan anak dalam memasak (Foto: Thedailymeal)

SAYURAN merupakan salah satu jenis makanan penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di makanan ini, berkhasiat membantu perkembangan inteligensi dan kreativitas mereka.

Namun sayangnya, masih banyak anak-anak yang cenderung menjauhi makanan tersebut, meski telah diolah sedemikian rupa oleh orang tua mereka.

Dilansir dari Summer Tomato, Kamis (17/11/2016), berikut 5 cara ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan sayuran.

Jadilah contoh yang baik

Menurut sebuah penelitian, anak kecil cenderung mengikuti perilaku orang-orang dewasa terutama ayah dan ibu mereka. Hal ini bisa menjadi senjata utama Anda untuk mengajak mereka memakan sayuran. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberi contoh yang baik dengan mengonsumsi sayuran di hadapan mereka.

 

Buat makanan menjadi lebih menarik

Seperti diketahui bahwa kegiatan paling digemari anak kecil adalah bermain. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat sebuah permainan unik. Contohnya, buatlah sebuah cerita menarik, seolah-olah buah hati Anda merupakan seekor dinosaurus. Tak lama kemudian, datang lah tyrannosaurus rex dinosaurus untuk mengejarnya. Cara terbaik untuk meloloskan diri adalah dengan memakan 5 pohon secara cepat, agar ia mempunyai tenaga untuk berlari. Sambil bercerita, Anda bisa menyajikan broccoli and cheese lalu menyuapkannya ke mulut mereka. Ini sangat ampuh, karena pada dasarnya mereka tertarik dengan cerita-cerita yang menarik.

 

Libatkan mereka dalam proses memasak

 

Nafsu makan anak-anak akan lebih besar ketika mereka dilibatkan dalam proses memasak. Jangan sungkan untuk mengajak mereka ke pasar terdekat, agar mereka bisa melihat secara langsung sayur-sayuran yang akan Anda masak. Izinkanlah mereka memilih satu atau dua jenis sayuran yang menarik bagi mereka. Setelah itu, Anda juga bisa melibatkan mereka dalam proses memasak. Cara paling mudah adalah dengan mengajarkan mereka cara memotong sayuran yang baik dan benar.

Sajikan hidangan yang penuh warna

Makanan yang disajikan dengan tampilan warna menarik, cenderung disukai oleh anak-anak. Sekarang sudah banyak sayuran-sayuran organik dengan warna yang sangat seperti, wortel, tomat, brokoli, bayam dan masih banyak lagi. Anda bisa menyajikan sayuran tersebut untuk menambah daya tarik makanan mereka.

Atur makanan semenarik mungkin

Berbeda dengan orang dewasa yang cenderung mementingkan rasa dibandingkan tampilan, anak kecil justru lebih menyukai makanan yang ditata semenarik mungkin. Sekarang sudah banyak tips-tips ampuh untuk menghias makanan agar terlihat lebih menarik dan cantik. Anda juga bisa menatanya sesuai dengan tokoh kartun favorit mereka.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini