Share

Doyan Makan Sushi? Simak 4 Fakta & Mitos Sushi Wajib Anda Tahu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 20 November 2016 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 18 298 1545156 doyan-makan-sushi-simak-4-fakta-mitos-sushi-wajib-anda-tahu-DpCVREk0XG.jpg Fakta dan mitos sushi wajib Anda tahu (Foto:Shutterstock)

 

SEBAGAI makanan Jepang, sushi memiliki tempat sendiri di hati para pecintanya. Nyatanya sushi bukan hanya sebatas makanan yang bisa memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Banyak hal yang berkaitan erat dengan sushi termasuk tradisi dan etika menyantapnya.

Dilansir dari Grunge, Minggu (20/11/2016) berikut empat fakta atau mitos seputar sushi yang umum namun kadang belum diketahui banyak orang.

Jangan makan sushi pada hari Senin

Ini Mitos. Banyak orang beranggapan ikan segar dari pasar hanya dikirim setiap Selasa atau Rabu setiap minggunya. Jadi orang menyimpulkan bahwa memesan sushi di hari Senin akan dilayani dengan stok ikan minggu lalu. Pengiriman seafood ini mungkin terjadi di masa lampau saat dimana moda transportasi masih sangat terbatas. Kini di tengah perkembangan zaman yang modern, ikan segar hampir dikirim setiap hari sehingga yang disajikan di restoran adalah ikan segar. Kalaupun restoran menyimpan stok, maka sistem penyimpanannya sudah jauh lebih modern.

Yang segar lebih baik

Ini Mitos. Penggemar sushi atau penikmatnya pasti ingin mendapatkan kualitas ikan yang segar, tapi jangan membayangkan ikan segar yang disajikan benar-benar baru ditangkap dari alam. Proses penyimpanan ikan di freezer membuat ikan tetap segar. Ahli sushi tahu bagaimana kualitas ikan yang bagus atau tidak, jadi jangan khawatir akan disajikan ikan berkualitas buruk.

 

Sushi mengandung cacing?

Ini Fakta. Cacing pita termasuk hewan yang hampir terkandung di semua daging mentah, tidak terkecuali pada ikan mentah. Hal ini mengartikan, sushi dengan salmon atau tuna mentah juga berpotensi mengandung cacing hidup. Cacing pada ikan tidak terlihat dengan jelas secara kasat mata, oleh karenanya kandungan cacing pita tidak bisa dibuang atau dihindari. Namun jika ikan dalam keadaan segar dan ditangani dengan baik dan benar, kandungan cacing ini akan jauh lebih rendah.

Wasabi membunuh bakteri dalam ikan mentah

Ini Fakta. Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa wasabi asli Jepang secara efektif bisa membunuh bakteri H. Pylori yang menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini jelas sangat membantu kala menyantap sushi dengan ikan mentah. Tapi sayangnya wasabi asli sangat sulit didapatkan, bahkan di negara penghasilnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini