nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Diabetes Tipe 2 Ancam Penderita Insomnia

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 19 November 2016 21:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 19 481 1545613 waduh-diabetes-tipe-2-ancam-penderita-insomnia-cUlbxaMNns.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

Anda yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia sebaiknya jangan diabaikan. Karena masalah ini bisa menjadi awalan buruk yang membuat orang menderita diabetes tipe 2.

Spesialis Saraf dan Neurologi dr Astuti SpS menjelaskan, gangguan tidur berperan besar terhadap risiko perkembangan obesitas. Kondisi tersebut disebut dengan istilah perkembangan risiko kardiometabolik.

"Insomnia dapat memicu hormon grelin atau leptin yang membuat nafsu makan meningkat. Jadilah orang makan meskipun tengah malam dan kebiasaan ini ujungnya mengakibatkan obesitas," ujar dr Astuti saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 18 November 2016.

Pada dasarnya kelebihan berat badan itu juga menimbulkan dampak buruk yang mengarah pada risiko penyakit tidak menular lainnya. Seperti serangan jantung, gagal ginjal, hipertensi, penurunan kesehatan otak, dan gangguan saraf memicu stroke.

Selain insomnia, obstructive sleep apnea (OSA) juga memicu Anda mudah mengalami diabetes tipe 2. Penderitanya selalu mengorok ketika tidur dan tidak mendapatkan terapi khusus.

OSA juga dapat membuat orang mengalami resisten insulin. Tentu penyebabnya karena terjadinya gangguan metabolisme.

"Kalau tidak menjaga indeks glikemik tubuhnya orang berakibat stres. Inilah yang membuat orang insomnia, apalagi lansia," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini