nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Kuman di Mesin ATM Bisa Tularkan Virus Penyakit

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 21 November 2016 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 19 481 1545630 awas-kuman-di-mesin-atm-bisa-tularkan-vrius-penyakit-JE0l8rgpGc.jpg Kuman di mesin ATM bisa tularkan virus penyakit (Foto: Ndtv)

KUMAN bisa tersebar di mana saja, termasuk di mesin ATM. Ternyata keypad mesin ATM sarat dengan bakteri dari makanan basi, parasit, bahkan virus penyakit menular seksual.

Bagaimana bisa? Sebuah penelitian menemukan bahwa keypad mesin ATM terdapat begitu banyak mikroba.

"Hasil penelitian kami menunjukkan, keypad ATM mengintegrasikan mikroba dari berbagai sumber, termasuk mikroba manusia, makanan, dan organisme lingkungan," ungkap Profesor Jane Carlton, dari New York University, Amerika Serikat.

Menurutnya, DNA yang diperoleh dari keypad ATM menunjukkan perilaku manusia dan sumber mikroba itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni dan Juli 2014, serta mengidentifikasi keypad dari 66 mesin ATM di Manhattan, Queens, dan Brooklyn, Amerika Serikat. Sumber kuman diidentifikasi berasal dari permukaan televisi, toilet, dapur, dan bantal, serta ikan, moluskam dan ayam.

DNA sisa dari makanan mungkin menetap di tangan seseorang dan dipindahkan, saat orang yang bersangkutan menggunakan mesin ATM.

ATM yang terletak di laundry maupun sejumlah toko, memiliki biomarker dengan lactobacillales atau bakteri asam laktat. Biasanya bakteri ini ditemukan pada tanaman atau produk susu. Selain itu bakteri xeromyces bisporus terdapat di keypad ATM. bakteri ini biasanya berasal dari roti atau makanan yang dipanggang.

Peneliti juga menemukan parasit yang terlihat berasal dari dalam usus manusia dan mamalia. Termasuk parasit Trichomonas vaginalis yang berpotensi menyebabkan penyakit seks menular.

Oleh karena itu, tak ada salahnya mencuci tangan selepas menggunakan mesin ATM. Hal ini dilakukan untuk menghindari tubuh terpapar serangan kuman penyakit. Demikian dikutip dari laman Timesofindia, Senin (21/11/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini