nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Keindahan G-Land, Surganya Peselancar di Banyuwangi

Tentry Yudvi, Jurnalis · Minggu 20 November 2016 12:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 20 406 1546196 mengintip-keindahan-g-land-surganya-peselancar-di-banyuwangi-5t4NJpJnQc.jpg Pantai Plekung Banyuwangi (Foto: Indonesia.Travel)

BERMAIN selancar di Indonesia menjadi pilihan turis mancanegara lho. Ternyata di sini tak hanya Kuta Bali saja yang terkenal sebagai tempat berselancar, ada juga G-land atau dikenal sebagai Plengkung Beach.

Tingginya harus ombak di pantai yang berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur ini memberikan kepuasan tersendiri bagi penikmat selancar. Garis pantai yang panjang membuat traveler merasa tertantang ketika berada di sana.

Tak hanya itu, pantai G-land ini juga masuk ke dalam kategori Tujuh Keajaiban Ombak Tertinggi berdasarkan survey dari peselancar yang pernah ke sini. Ini dikarenakan, ombaknya memiliki tujuh gelombang, dan setiap gelombang bisa mencapai ketinggian 6 meter.

Nama G-land sendiri diberikan oleh peselancar yang memiliki arti "Great", "Green" atau "Green land" dan Granjang". Di sisi lain nama G-land itu sendiri diberikan karena bentuknya menyerupai huruf G.

Pantai ini unik karena memiliki ombak yang bisa berjalan setelah berhenti 1-2 km, kemudian berguling dari timur ke barat dengan titik tertinggi 4-6 meter dalam interval selama 5 menit. Tak ayal, jika pantai ini menjadi tuan rumah lima pertandingan peselancar Internasional. Dengan tujuh layer ombak secara konstan menyentuh pinggiran dalam formasi.

Ombak di G-land ini sendiri menduduki posisi nomor dua setelah Hawaii yang juga punya ombak terbaik. Di mana Hawaii memberikan ombak stabil sepanjang tahun, sementara di Plengkung mulai dari April hingga Agustus. Ombak serupa juga bisa ditemukan di Australia dan Afrika Selatan.

Di sana juga memiliki pasir pantai yang putih diseimbangi dengan hutan hijau yang jauh dari perkotaan. Kamu akan susah sinyal deh selama berada di sini. Bagaimanapun ini menjadi tempat favorit untuk menjauhkan diri dari perkotaan.

Sebagaimana dikutip dari IndonesiaTravel, Minggu (20/11/2016), ada dua cara untuk menuju ke sana. Pertama jalan terpanjang menggunakan mobil dari Banyuwangi ke Kalipahit sekitar 59 km. Kemudian dilanjutkan dari Pasaranyar ke Pancur selama 15 Km untuk akhirnya sampai ke Plengkung.

Rute kedua yakni melalui perjalanan air, dari Banyuwangi ke Benculung, lalu dilanjutkan dari Benculuk ke Grajagan, setelah itu ambil perjalanan menggunakan boat untuk mencapai Plengkung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini