nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat, Menyantap Gurita Hidup akan Jadi Kegiatan Ilegal

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 23 November 2016 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 22 298 1548225 catat-menyantap-gurita-hidup-akan-jadi-kegiatan-ilegal-r316jiymse.jpg Makan gurita hidup akan jadi kegiatan ilegal (Foto: Metro)

KEBIASAAN menyantap hewan hidup sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan hingga saat ini masih dilakukan oleh masyarakat di beberapa negara. Gurita salah satu hewan yang populer disantap mentah, tapi tampaknya tidak akan lama lagi. Pasalnya akan ada aturan terkait menyantap gurita hidup. Kegiatan ini nantinya akan dianggap ilegal yang artinya melanggar hukum.

Korea termasuk negara yang masyarakatnya hobi melahap gurita dalam keadaan hidup. Beberapa orang menganggap gurita hidup adalah makanan yang lezat, tapi menyaksikan hewan bertentakel ini menggeliat kesakitan di piring akan membuat penikmatnya tampak sadis.

Di sisi lain, ada fakta bahwa tentakel gurita dapat melekat di tenggorokan dan membuat Anda tersedak. Tentu ini akan jadi santapan yang sangat berbahaya.

Seperti dilansir dari Metro, Rabu (23/11/2016) aktivis pecinta hewan PETA baru-baru ini melakukan investigasi dengan mengunjungi restoran di Los Angles pada September 2016 dan mendapati seorang koki menjepit bagian bawah gurita yang masih hidup dan merobek seluruh bagian tubuhnya.

Seorang chef mengungkapkan hanya membutuhkan setengah bagian gurita untuk membuat satu porsi menu masakan sehingga sebagian badan gurita yang sudah terpotong dibiarkan menggeliat sampai ada orang lain yang memesan makanan serupa. Menu berisi gurita ini disebut Sannakji yang disajikan segar dengan tentakel gurita yang masih menggeliat.

Seorang pakar Cephalopoda, Dr. Jennifer Mather dari PETA mengatakan gurita yang dipotong perlahan setiap bagiannya juga merasakan sakit. “Ini adalah kegiatan yang menyakitkan bagi hewan. Coba bayangkan seekor babi, ikan atau kelinci yang dipotong bagian tubuhnya misalnya kaki sedikit demi sedikit, ini akan menjadi kegiatan yang kejam dan sadis,” kata Jennifer.

Beberapa orang menyantap gurita atau hewan hidup lain semata-mata bukan karena kebutuhan tetapi lebih ke arah hiburan dan experience.

Hal ini kemudian menggerakkan PETA untuk membuat seruan kepada pemerintah AS untuk membuat undang-undang yang melarang hewan disajikan dalam keadaan hidup atau disajikan dengan cara memotongnya dengan sadis.

Aksi ini membutuhkan banyak dukungan dari masyarakat. Saat ini hanya sebagian orang di New York dan California yang peduli. Beberapa yang setuju, turut membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan agar kegiatan ini dimasukkan dalam kategori illegal. Anda termasuk yang mana? Penyantap gurita hidup atau termasuk pecinta hewan yang mengecam aksi ini?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini