nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Batas Aman Konsumsi Gula dalam Sehari

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 22 November 2016 17:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 22 481 1548307 ini-batas-aman-konsumsi-gula-dalam-sehari-KkQjEXzgU7.jpg Ketahui batas aman konsumsi gula (Foto: Readerdigest)

KONSUMSI gula sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia, terlebih bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua makanan dan minuman yang ditemui, semuanya mengandung gula.

Namun tahukah Anda, sebenarnya gula hanya mengandung kalori (energi) dan tanpa nutrisi. Kelebihan mengonsumsi gula, tentu saja dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit. Misalnya saja obesitas dan diabetes. Lantas bagaimana cara mengurangi risiko tersebut?

Cara paling ampuh adalah dengan membatasi asupan gula sehari-hari. Meski sebagian orang kebutuhan dan batas aman konsumsi gula berbeda-beda, namun menurut American Heart Association, ada batas aman dalam konsumsi gula dan hal tersebut bisa dibedakan dari jenis kelamin.

Dikutip Authoritynutrition, Selasa (21/11/2016). Batas aman konsumsi gula pada pria setidaknya 150 kalori per hari atau sekira 9 sendok teh. Kemudian wanita 100 kalori per hari atau 6 sendok teh.

Sementara itu, dari Kementerian Kesehatan RI berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 (Riskesdas), batas konsumsi gula setiap orang per hari tidak lebih dari 50 gram atau 4 sendok makan gula.

Dengan adanya batasan aman konsumsi gula. Setidaknya kita bisa meminimalisir risiko penyakit akibat gula, tubuh lebih sehat, langsing dan lebih terasa bugar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini