nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Rasanya Nikmat, Ini Tips Menyeduh Teh yang Benar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 24 November 2016 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 24 298 1550460 agar-rasanya-nikmat-ini-tips-menyeduh-teh-yang-benar-GMVlFqUKqa.jpg Tips menyeduh teh yang benar (Foto:Shutterstock)

BAGI kebanyakan orang, membuat secangkir teh merupakan perkara yang mudah. Cukup rebus air panas, lalu tuangkan bubuk teh ke dalam cangkir, kemudian tambahkan beberapa sendok gula, dan secangkir teh manis pun siap disajikan.

Namun, bagi mereka yang benar-benar mencintai minuman ini, meracik teh bukan hanya persoalan merebus air saja. Ada beberapa proses yang benar-benar harus diperhatikan.

Dilansir dari Ito En, Kamis (24/11/2016), salah satu master teh asal Jepang, Sen no Rikyu, memaparkan sejumlah tips untuk membuat secangkir teh yang betul-betul sesuai standar. Berikut ulasannya.

Air

Selalu gunakan air dingin yang segar. Akan sangat baik jika Anda menggunakan air dari sumber mata air pegunungan. Pasalnya, senyawa mineral yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan rasa teh menjadi lebih baik.

Suhu

Salah satu faktor terpenting dalam meracik secangkir teh adalah mengatur suhu yang tepat. Teh hijau atau green tea akan lebih nikmat jika diolah dengan menggunakan suhu air yang dingin. Sebaliknya, teh hitam yang sepenuhnya telah teroksidasi, membutuhkan suhu air yang lebih panas untuk mengeluarkan rasa manisnya yang khas.

Durasi

Hampir sama dengan suhu air, beberapa jenis teh memiliki jangka waktu penyeduhan yang berbeda. Umumnya, teh halus seperti teh hijau diseduh lebih cepat dibandingkan dengan teh hitam. Tentu saja kembali lagi kepada selera masing-masing.

Teko

Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi menyiapkan teko yang tepat juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan rasa teh loh. Seperti teko yang terbuat dari besi atau yixing khas China, sangat cocok digunakan untuk menyeduh teh hitam. Teko ini dapat mempertahankan suhu panas dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan teko yang terbuat dari kaca atau porselen, lebih tepat digunakan untuk meracik teh hijau karena bahan kaca cenderung melepaskan panas.

Jika Anda masih bingung dengan tata cara penyeduhan teh yang baik dan benar, berikut langkah-langkahnya.

1. Rebus air segar di dalam ketel;

2. Setelah mendidih, biarkan panasnya hilang sejenak;

3. Tuang air panas ke dalam teko dan cangkir. Cara ini dapat membuat suhu air di dalam cangkir menjadi lebih konsisten;

4. Tambahkan beberapa daun teh untuk diseduh, sesuai selera;

5. Biarkan air mendingin pada suhu yang tepat;

6. Saring teh, sebelum menuangkannya ke dalam cangkir;

7. Sajikan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini