Bikin Cake Sering Gagal? Perhatikan Tips Sukses Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 27 November 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 25 298 1551645 bikin-cake-sering-gagal-perhatikan-tips-sukses-ini-idnVMu5wmL.jpg Cara membuat kue yang enak (Foto: Goodfoodadvisor)

BAGI sebagian orang, membuat cake merupakan salah satu kegiatan yang sangat mudah. Jika dilihat secara kasat mata, membuat cake itu hanya perlu mengolah adonan, lalu siapkan oven untuk memanggang, dan sebuah cake lezat pun dapat disajikan.

Tetapi ternyata, untuk membuat cake yang lezat itu tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada beberapa poin penting yang harus diperhitakan agar hasilnya sempurna dan tidak mengecewakan.

Disarikan dari buku 25 Resep Kue Paling Diminati Cake Cokelat, berikut tips sukses membuat cake yang lezat, Minggu (27/11/2016).

Tepung terigu

 

Tepung terigu merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan kue atau cake. Meskipun terlihat sama, namun tepung terigu sebenarnya ada tiga jenis yakni, tepung terigu berprotein rendah, sedang dan tinggi. Untuk pembuatan kue dan cake, sebaiknya gunakan tepung terigu berprotein sedang dan rendah. Selain itu, sebelum dipakai sebaiknya tepung diayak terlebih dahulu. Apalagi jika nantinya akan Anda bubuhi dengan soda kue atau baking powder. Hal ini dilakukan agar tekstur cake menjadi lembut ketika matang.

Telur

 

Gunakanlah telur yang segar. Dengan telur segar, Anda bisa mendapatkan kocokan telur yang mengembangan sempurna. Untuk mengetahui telur yang masih segar adalah dengan melihat bagian kuningnya. Jika kuning telur masih berbentuk bulat dan tidak pecah, berarti telur tersebut masih segar. Bila Anda terpaksa menggunakan telur dari dalam kulkas, diamkan telur terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruang.

Mengocok bahan

 

Untuk mendapatkan sponge cake yang sempurna, pastikan telur dan gula dikocok sampai mengembang, barulah Anda dapat menambahkan bahan-bahan yang lain. Cara yang tepat untuk mengocok bahan dengan mixer adalah dimulai dengan speed rendah, setelah semua telur tercampur rata, secara bertahap naikkan speednya menjadi tingkat tertinggi.

Agar cake mengembang dengan baik

Supaya cake mengembang dengan baik, pastikan semua bahan berada dalam suhu ruang, tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas. Khususnya untuk bahan-bahan cair seperti telur dan mentega. Selain itu, kocoklah mentega dan gula terlebih dahulu, sebelum Anda mencampurkannya dengan telur.

Satu hal yang harus Anda ingat, masukkan lah telur secara bertahap saat hendak mengocoknya. Begitu pula saat mencampurkan tepung terigu. Aduklah sedikit demi sedikit dengan spatula, agar adonan merata.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini