nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarapan Sehat Makan Roti Tawar atau Roti Gandum?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 25 November 2016 09:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 25 481 1550937 sarapan-sehat-makan-roti-tawar-atau-roti-gandum-uwrKzfuJZJ.jpg Roti gandum untuk sarapan sehat (Foto: Eatthis)

PADA saat sarapan Anda harus tetap memikirkan asupan nutrisi tepat. Jangan cuma memilih menu sarapan yang mengenyangkan perut saja.

Salah satunya yakni memilih roti gandum sebagai menu sarapan sehat yang mudah dikombinasikan dengan buah atau sayuran sebagai pelengkap. Para ahli gizi pun menyarankan Anda makan roti gandum ketika sarapan daripada memilih roti tawar.

"Gandum dari bijian utuh. Pada roti biasanya ada bulir-bulirnya, tapi itulah yang bermanfaat daripada roti tawar putih," ujar Ketua PERGIZI Pangan Prof Dr Ir Hardinsyah, MS saat ditemui di kawasan Karet, Jakarta, belum lama ini.

Biji-bijian utuh atau yang dikenal dengan whole grain lebih lambat dicerna oleh tubuh menjadi gula darah. Sehingga, makanan ini lebih mengenyangkan lama dibandingkan roti tawar.

"Roti tawar memang cepat mengenyangkan. Tapi dicerna menjadi gula darah cepat sekali. Ini tidak cocok untuk sarapan karena bisa menyebabkan lesu," tutupnya.

(hel)

Berita Terkait

Sarapan Sehat

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini