Image

Hari Dongeng Nasional Ingatkan Kembali Manfaat Dongeng bagi Anak

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 28 November 2016, 18:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 28 196 1553451 hari-dongeng-nasional-ingatkan-kembali-manfaat-dongeng-bagi-anak-9tXFsSADDB.jpg Ilustrasi ibu mendongeng (Foto: Shutterstock)

TAK ada alasan lain digagasnya Hari Dongeng Nasional pada 28 November selain ingin membangkitkan kembali semangat mendongeng untuk anak-anak. Tentang bagaimana mengajak anak berbuat kebaikan dan menjauhkan mereka dari perbuatan tercela.

Ketua Komunitas Ayo Dongeng, Ariyo Zidni mengatakan, dongeng adalah cara terbaik dan termudah untuk mengajarkan anak berbagai hal tentang kebaikan tanpa membohongi, memarahi, atau mencekoki.

“Dongeng itu sederhana dan mudah dilakukan. Untuk mengajarkan anak menyayangi saudara, teman, ayah-ibu, dan guru lewat dongeng. Dongeng juga dapat mengatasi ketakutan anak pada sesuatu,” ucap Ariyo kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, cerita dongeng itu everlasting. Sampai kapan pun anak akan ingat. Pengalaman dibacakan dongeng oleh orangtua atau guru begitu membekas di memori anak. Selain mereka belajar hal-hal positif, anak juga mengingat kebersamaannya dengan orangtua.

“Banyak orangtua saat ini takut mendongeng karena tidak bisa menirukan suara tokoh atau hewan dan tidak punya properti dongeng. Padahal, mendongeng tidak terpaku pada alat yang digunakan,” sambungnya.

Ariyo menjelaskan, apa saja bisa dijadikan alat untuk mendongeng. Kalau ayah dan ibu tidak bisa mengarang cerita, buku-buku dongeng bisa sangat membantu untuk membacakan cerita kepada anak.

“Terpenting ketika mendongeng isunya jelas. Ada pesan yang ingin disampaikan kepada anak. Tapi ingat caranya dengan bercerita bukan ceramah yang membuat bosan,” tukasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini