Ternyata Batik bagi Marcell Siahaan Miliki Makna Mendalam

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2016 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 30 194 1554994 ternyata-batik-bagi-marcell-siahaan-miliki-makna-mendalam-m164M7dAFm.jpg Marcell Siahaan (foto: amanda/okezone)

SETIAP orang punya gaya masing-masing untuk menunjukkan rasa hormat mereka kepada yang lebih tua. Menurut Marcell Siahaan, bagaimana kita berpakaian adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat.

"Entah mengapa, memakai batik jauh terasa lebih menghormati dan terasa bahwa saya orang Indonesia. Terutama menghormati yang lebih tua," ujar pelantun lagu Peri Cintaku di Kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2016).

Batik menjadi sebuah hal yang mendalam bagi Marcell. Selain menggambarkan jati dirinya, inilah salah satu trik menunjukkan rasa hormat kepada seseorang yang mengundangnya, termasuk orang yang ia kagumi.

"Meski orang bisa merasa dihormati dari hal yang non fisikal, misal dari gesture, tapi dengan bentuk fisik seperti kita memakai baju batik itu bisa menghargai dan menghormati," cerita Marcell lagi dengan nada yang lebih dalam.

Sebuah kebanggaan pula bagi Marcell bisa mempromosikan batik secara tersirat ke mancanegara. Terutama saat ia menyambangi negara New Zealand.

Busana ini seakan tak lekang jenuh bila dipandang dari berbagai sisi. Bahkan, batik menjadi salah daya tarik bagi para wisatawan asing untuk mengetahui lebih lanjut soal goresan lekat busana batik.

"Waktu itu saya dikirim ke New Zealand tahun 2008. Dengan mengenakan batik, saya merasa bangga karena di sana juga menyanyikan lagu kebangsaan," tukasnya.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini