nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uniknya Tradisi Mengangkat Rumah di Sulawesi Barat

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 30 November 2016 10:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 30 406 1554879 uniknya-tradisi-mengangkat-rumah-di-sulawesi-barat-TIZkVieexN.jpg Tradisi Angkat Rumah (Foto: YouTube)

GOTONG royong memang merupakan nilai luhur masyarakat Indonesia yang telah membudaya. Contohnya seperti tradisi “maakkeq boyang” di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Yang menunjukkan nilai gotong royong dari tradisi ini adalah masyarakat beramai-ramai memindahkan rumah panggung dalam keadaan utuh. Bukan main memang, tapi siapa sangka dengan bergotong royong hal yang kedengarannya tidak mungkin ternyata bisa dilakukan.

“Kita memindahkan rumah dengan cara diangkat bersama teman-teman dan saudara yang kita ajak,” kata salah seorang warga yang diwawancarai di video Seputar Indonesia, dikutip pada Rabu (30/11/2016).

Tradisi Mandar yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat setempat juga diikuti kepercayaan lain. Saat rumah dipindahkan, dua anak kecil harus ada di dalam rumah agar dapat mengusir roh jahat dan membuat tradisi berjalan lancar.

Setelah rumah dipindahkan, ule ule bue atau sejenis kacang hijau disajikan oleh pemilik rumah untuk dinikmati masyarakat. Ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur karena tradisi maakkeq boyang telah selesai dilakukan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini