Image

TOP FAMILY: Jenis Cerita seperti Ini Lho yang Cocok Disampaikan pada si Kecil

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 21:11 WIB
https img k.okeinfo.net content 2016 12 01 196 1556548 top family jenis cerita seperti ini lho yang cocok disampaikan pada si kecil dFiQmk5Twc.jpg Mendongeng (Foto: Shutterstock)

KEBIASAAN bercerita dari orangtua ke anak dapat menumbuhkan sifat positif dalam pertumbuhannya. Dari kebiasaan itulah, anak-anak dapat menjadi seseorang yang berguna dalam masyarakat saat dewasa kelak.

Namun, orangtua harus pintar memilih jenis cerita apa saja yang akan disampaikan kepada si kecil. Menurut Pembina dan Penanggung Jawab KITA Bercerita, Harry Pramono, ada beberapa jenis cerita yang sebaiknya digunakan oleh orangtua pada si kecil. Tetapi yang paling penting adalah topik yang dibawakan sesuai dengan minat si kecil. Berikut Okezone rangkum jenis cerita yang bisa Anda berikan untuk si kecil:

Kepahlawanan

Cerita kepahlawanan adalah cerita umum yang sering dibawakan untuk si kecil. Tokoh para superhero yang sering menolong sesama merupakan tokoh yang cocok dikenalkan pada si kecil. Dengan begitu, si kecil terinspirasi untuk menolong sesamanya.

Petualangan

Cerita tentang petualangan juga bisa Anda bawakan untuk menumbuhkan minat si kecil untuk bertualang dan menambah wawasan di berbagai tempat. Dari cerita ini, si kecil akan terinspirasi melakukan perjalanan yang membawanya bertemu dengan banyak orang dan menemukan berbagai hal menarik dalam hidupnya.

Pengalaman

Anda juga bisa menceritakan pengalaman menarik yang pernah Anda alami. Jangan lupa sisipkan pesan moral di dalamnya. Selain itu, yang harus dipahami orangtua bahwa yang terpenting dari bercerita adalah mendapatkan waktu berkualitas bersama.

Sayur dan buah-buahan

Jika kebetulan anak Anda sulit makan sayur dan buah-buahan, Anda bisa bercerita dengan tema tersebut. Misalnya ceritakan pada anak tentang fakta-fakta tentang sayur dan buah-buahan yang dapat meningkatkan daya ingat, kreativitas, dan lain-lain. Sehingga selain mendapat manfaat emosional yang kuat, anak juga memahami bahwa asupan sayur dan buah-buahan bagus untuk kesehatan.

(Renny Sundayani)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini