Image

Tiongkok Punya "Sinkhole" Terbesar di Dunia

Tentry Yudvi, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2016, 22:30 WIB
https: img z.okeinfo.net content 2016 12 01 406 1556263 tiongkok punya sinkhole terbesar di dunia G64BVbx4BX.jpg Sinkhole Terbesar di Dunia Ditemukan di Tiongkok (foto: National eographic News)

DI Tiongkok baru ditemukan fenomena unik di dunia, dengan mendapati sinkhole atau lubang pada tanah yang terjadi tiba-tiba. Ini merupakan sinkhole terbesar di dunia.

Peneliti dari pemerintah setempat melakukan pencarian selama empat bulan, di Gunung Qinling – Bashan, yang berlokasi Hanzhong, provinsi Shaanxi. Di sana ada 49 sinkhole yang memiliki luas sebesar 230 mil atau 370 meter dari 3.000 meter yang disurvei.

Sinkhole terbesar di dunia ini punya diameter ketinggian 1.706 kaki dengan kedalaman 1.050 kaki. Para peneliti juga menemukan spesies tanaman yang langka dan tupai terbang Tiongkok yang besar dengan bulu berwarna merah.

Tim di sana meyakini jika lubang tersebut terbentuk dengan lambat ratusan atau ribuan tahun sebagai air bawah tanah yang memiliki batu karbonat, seperti batu gamping di bawah permukaan tanah.

Penemuan sinkhole ini diharapkan bisa menjadi tempat pariwisata di mana bisa melihat pemandangan indah, dan mungkin bisa menarik perhatian turis juga. Para peneliti mengatakan mereka akan bekerja untuk melindungi situs yang mungkin mengandung catatan geologikah dari iklim yang lalu.

Pakar sinkhole, Randall Orndorff dari US Geological Survey sebelumnya menjelaskan jika pada dasarnya sinkhole terbentuk dari tekstur tanah yang runtuh atau berbentuk mangkuk ketika di bawah tanah itu sedang depresi dan mencari sesuatu untuk dialirkan.

Sinkhole ini bisa saja terjadi di perkotaan lho, misalnya saja dengan menelankan gedung, kendaraan dan menyebabkan kematian. Tanpa ada tanda dan gejalan sinkhole bisa terjadi kapan saja. Mungkin diawali dengan keretakan.

Terkadang pengelola tanah salah kaprah dengan sinkhole, tetapi mereka adalah lubang natural yang butuh untuk membentuk formasi demi di bawah. Sebagaimana dikutip dari Nationalgeographic, Kamis (1/12/2016), aktivitas manusia seperti konstruksi atau manajemen air yang buruk bisa menyebabkan artifisial sinkhole.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini