Penting, Sebelum Membuat Kue Kenali Dulu Jenis-Jenis Tepungnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 02 298 1557130 penting-sebelum-membuat-kue-kenali-dulu-jenis-jenis-tepungnya-AOS5bade16.jpg Tepung untuk membuat kue (Foto:Artisanfoodlaw)

MEMBUAT kue atau cake memang gampang-gampang susah. Tetapi, ada hal-hal penting yang sering diabaikan ketika hendak membuatnya. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan tepung yang tidak sesuai dengan karakteristik kue itu sendiri.

Dikutip dari buku Koleksi Resep Cake Populer Bolu, Kue Kering & Roti, karya R. Adie Wibowo, berikut jenis-jenis tepung terigu yang harus Anda ketahui sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu ini terbuat dari gandum keras (hard wheat), dan memiliki kandungan protein gluten setidaknya 13 persen. Tingginya protein yang terkandung, membuat sifat tepung terigu ini mudah dicampur, difermentasikan dan mudah digiling. Karena karektiristiknya itulah membuat tepung terigu protein tinggi cocok digunakan untuk bahan baku roti, donat, serta mi dan pasta.

Tepung terigu protein sedang

Protein gluten yang terkandung di dalam terigu protein sedang biasanya mencapai 11 - 12,5 persen. Dikenal dengan sebutan all-purpouse flour atau tepung serba guna, jenis tepung ini dibuat dari campuran tepung terigu hard wheat dan soft wheat sehingga karakteristiknya sangat unik. Tepung ini cocok untuk membuat adonan fermentasi dengan tingkat pengembangan sedang seperti, bakpao, bolu, brownies, dan martabak manis.

Tepung terigu protein rendah

Jenis tepung terigu soft wheat dibuat dari gandum lunak dengan kandungan protein gluten 8 - 10 persen. Tepung ini memiliki karakteristik sulit menyerap air, sehingga akan menghasilkan adonan yang tidak elastis dan lengket. Tepung terigu protein rendah biasanya digunakan untuk membuat kue kering, biskuit, sponge cake, dan kue-kue yang tidak memerlukan proses fermentasi.

Self raising flour

Di toko-toko swalayan, tepung ini biasanya telah ditambahkan bahan pengembang dan garam. Anda tidak perlu menambahkan bahan pengembang lagi ketika mengolahnya menjadi adonan. Jika Anda sulit mendapatkannya, Anda bisa mencampurkan 1 sdt baking powder ke dalam 1 kg tepung terigu sebagai alternatifnya. Self raising flour sangat cocok digunakan untuk membuat cake, muffin, bapel, pancake dan kue kering.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini