Image

7 Penyebab Mata Merah yang Harus Anda Tahu

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016, 10:00 WIB
https: img o.okeinfo.net content 2016 12 02 481 1556902 7 penyebab mata merah yang harus anda tahu Ue6Fr1HJfI.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

TERKADANG Anda tidak menyadari mata merah, gatal atau perih. Tidak menyadari karena Anda belum mengetahui penyebab mata merah.

Mata merah selain menggangu penampilan juga membahayakan kesehatan mata. Karenanya, mengetahui penyebab mata merah dapat melakukan langkah pencegahan.

Berikut 7 penyebab mata merah yang harus Anda tahu seperti dilansir Boldsky, Jumat (2/12/2016):

Lupa berkedip

Mungkin kita kadang-kadang lupa untuk sering berkedip, terutama saat bekerja di depan layar komputer atau ponsel. Kebiasaan ini dapat menyebabkan mata kering dan iritasi, sehingga menyebabkan mata merah.

Alergi

Alergi musiman juga dapat menyebabkan mata merah. Pemicu alergi tertentu hadir di lingkungan, seperti serbuk sari, juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah mata.

Obat-obatan tertentu

Jika Anda mengonsumsi obat tertentu, seperti anti-kecemasan dan antibiotik, mereka dapat menyebabkan mata kering. Kondisi ini dapat menyebabkan mata tampak merah.

Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol dapat melebarkan pembuluh darah dalam tubuh Anda, sehingga pembuluh darah di mata membesar. Kondisi ini dapat menyebabkan mata merah, sehingga Anda sering melihatnya pada orang setelah mabuk berat.

Stres

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan mata merah. Karena stres dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Ketika hal ini terjadi, saraf optik Anda mungkin mengalami banyak ketegangan, sehingga mengakibatkan mata merah.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan mata kering yang mengakibatkan peradangan pembuluh darah di mata. Kondisi ini akan menyebabkan mata merah. Asap rokok juga dapat menyebabkan mata merah pada perokok pasif.

Berenang

Orang cenderung mengembangkan mata merah setelah berenang, terutama di laut dan kolam renang. Hal ini karena garam atau bahan kimia seperti klorin, dapat menyebabkan iritasi di mata, sehingga membuatnya tampak merah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Mata Merah
Cari Berita Lain Di Sini